Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Zoom Meeting Sangat Melelahkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 620 2279212 ini-alasan-zoom-meeting-sangat-melelahkan-TGLeTvmqJg.jpg Zoom meeting melelahkan (Foto: Psychology Today)
A A A

Untuk Okezoners yang sering melakukan zoom meeting akibat pandemi Covid-19, apakah Anda suka merasa sangat capek setelah meeting? Merasa aneh karena Anda hanya duduk tapi tubuh terasa seperti habis beraktivitas berat?

Ternyata Anda mengalami yang namanya kondisi 'Virtual Fatigue'. Kondisi tersebut adalah perasaan sangat capek setelah melakukan aktivitas virtual, salah satunya zoom meeting.

 zoom meeting

Dijelaskan Psikolog Anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi, virtual fatigue bisa muncul karena adanya perubahan kebiasaan. Ya, biasanya Anda bertemu langsung saat rapat, bertatap muka langsung, kini semuanya hanya lewat laptop atau ponsel.

"Dalam proses virtualnya, terjadi delay yang mana biasanya Anda menunggu lawan bicara selesai dan kadang ada waktu 'hening' di antara perbincangan dan ini yang membuat Anda merasa letih," terangnya beberapa waktu lalu.

 Baca juga: Potret Cantik Angel Karamoy, Janda 4 Tahun yang Penuh Pesona

Saskhya pun menerangkan, virtual fatigue pun terjadi karena zoom meeting biasanya tidak hanya dilakukan sekali dalam sehari. Parahnya lagi, untuk para orangtua, mereka mesti mengecek virtual class anak-anaknya juga di samping pekerjaannya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Meeting berkali-kali hanya di depan laptop dan dalam durasi berjam-jam itu juga membuat Anda merasa capek, karena pada kenyataannya otak Anda pun lelah," sambung dia.

Poin yang mesti dicatat orang-orang adalah sadar atau tidak, saat melakukan zoom meeting atau berkomunikasi secara virtual, Anda ingin terlihat sempurna. Hal ini dimungkinkan karena Anda menatap wajah sendiri saat ngobrol dengan lawan bicara.

Jadi, saat video call berlangsung, Anda itu suka tidak sadar mengindahkan cara bertutur atau membenarkan tampilan yang dirasa kurang oke. Nah situasi seperti itu pun membuat virtual fatigue bisa muncul.

"Itu semua karena otak memperhatikan banyak hal dan secara tidak sadar, memengaruhi energi dalam tubuh. Makanya, itu kenapa meski di rumah saja dan depan laptop, Anda merasa sangat capek," pungkas Saskhya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini