Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Program Kartu Prakerja, Insentif Rp600.000 Dinanti

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 620 2279978 7-fakta-program-kartu-prakerja-insentif-rp600-000-dinanti-wxVNDYWTJj.jpg Kartu Prakerja untuk Bantu Mencari Kerja. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penyaluran bantuan sosial (Banso) terus diberikan. Salah satunya adalah program Kartu Prakerja. Tercatat sudah 22 juta orang mendaftar program tersebut.

Penyaluran program ini pun terus diberikan. Hingga saat ini sudah gelombang ke-8 yang dibuka untuk para pekerja yang terkena dampak virus corona.

Okezone merangkum fakta terbaru Kartu Prakerja, Sabtu (19/8/2020):

1. 3,8 Juta Pekerja Sudah Dapat Kartu Prakerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dari 3,8 juta peserta yang telah terjaring, Airlangga mengatakan terdapat 1,6 juta orang telah menyelesaikan pelatihan dan 933.000 di antaranya telah menerima insentif.

"Hingga saat ini, lebih dari 22 juta orang telah melakukan pendaftaran dan sebanyak 3,8 juta orang telah ditetapkan mendapatkan Kartu Prakerja. Selain itu, terdapat 1,6 juta orang telah menyelesaikan pelatihan dan 933 ribu telah mendapatkan insentif," ujar Airlangga.

2. Kartu Prakerja Khusus PHK

Airlangga menjelaskan, Program Kartu Prakerja yang kini diposisikan sebagai semi bantuan sosial (bansos) bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan, dan pekerja informal terdampak Covid-19. Program ini memberikan bantuan biaya pelatihan dan insentif dengan total bantuan Rp3.5 juta untuk 5,6 juta orang penerima.

3. 1.113 Balai Latihan Kerja Siap Beri Pelatihan

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melaporkan, sejak dirilis tahun 2017 telah terbangun sebanyak 1.113 BLK. Sementara di 2020 direncanakan akan membangun 1.000 BLK komunitas.

“Saat ini kami perluas penyebarannya dengan melibatkan peran serikat pekerja. Ada beberapa BLK komunitas yang berbasis komunitas serikat pekerja dan serikat buruh yang dimulai dari tahun 2020 ini,” kata Ida.

4. Sudah Gelombang 8

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja segera menutup pendaftaran gelombang 8. Adapun penutupan gelombang 8 akan dilakukan Senin 14 September pukul 12.00 WIB.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, jelang penutupan program kartu prakerja, sudah ada pendaftar sebanyak 4 juta orang pada gelombang 8 ini.

5. Cek Ini Jika Gagal dalam Pendaftaran

Louisa menambahkan, untuk yang mencoba mendaftar tetapi gagal, pastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar. Jika masih gagal, hubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

"Pastikan juga nomor handphone aktif dan sudah melakukan eKYC untuk e-wallet yang dipilih," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Tahun Ini Tidak Ada Pelatihan Offline

Kasus baru Covid-19 di Indonesia masih menunjukkan peningkatan. Hal ini pun membuat pelatihan Kartu Prakerja secara offline urung dilaksanakan pada tahun ini.

"Disarankan jangan dulu diselenggarakan, demi memastikan tidak hanya masalah perekonomian tetapi juga masalah kesehatan dari peserta prakerja," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

7. Manfaat Kartu Prakerja

"96% dari insentif itu dipakai untuk membeli bahan pangan, 75% penerima Kartu Prakerja mengatakan untuk membayar listrik, 69% untuk beli bensin ata solar, 68% untuk beli pulsa/paket internet, 60% untuk transportasi," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Selain itu, ada juga yang digunakan untuk membayaran cicilan utang. jadi tergantung domisili peserta Kartu Prakerja tersebut.

"Misalnya DKI, dari Rp 600.000 adalah untuk bayar cicilan motor, ada yang untuk bayar utang, untuk modal usaha. Jadi tiap provinsi beda-beda respons dari penerima Kartu Prakerja," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini