Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Mengamankan Data Pribadi Akun Toko Online

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 620 2280462 4-cara-mengamankan-data-pribadi-akun-toko-online-TsmRjaQsRO.jpg Ilustrasi toko online. (Foto: Freepik)
A A A

SETIAP pengguna internet harus tetap berhati-hati ketika beraktivitas. Salah satunya ketika menggunakan toko online. Data pribadi yang dibuat untuk akun e-commerce tersebut haruslah bisa diamankan. Di antaranya data nomor telepon, alamat, e-mail, dan akun pembayaran.

Warganet pun perlu berhati-hati dalam menjaga akun toko online agar tidak diretas. Berikut ini empat cara untuk melindungi akun di toko online, sebagaimana dinukil dari Just Ask Thales.

Baca juga: Ingin Membeli Ponsel Bekas? Perhatikan Tips Berikut Ini! 

1. Berbelanja di toko online yang Aman

Selain koneksi yang aman, warganet juga perlu memastikan telah melakukan belanja di toko online yang memiliki reputasi baik. Bisa dilihat rekam jejak transaksinya.

2. Gunakanlah password yang aman

Warganet juga perlu melindungi akun e-commerce dengan kata sandi yang kuat dan aman. Jangan gunakan tanggal lahir, nama, dan alamat. Pastikan kata sandi tidak familier dan terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Bila menggunakan beberapa akun, perlu membedakan password-nya agar lebih aman.

3. Pastikan koneksi internet aman

Selalu pastikan perangkat yang mutakhir dengan perlindungan antivirus dan antispyware. Jika menggunakan jaringan nirkabel, pastikan koneksi internet aman yakni terenkripsi dengan akses yang dilindungi kata sandi dan tepercaya. Bila perlu, hindari berbelanja dari hotspot umum.

Baca juga: Serbuan Toko Online Bikin Sepi Penjualan Ponsel di Toko Fisik 

4. Tingkatkan keamanan pembayaran

Lebih lanjut ketika bank atau toko memberi opsi menggunakan perangkat keamanan pribadi online seperti teknologi kartu cerdas atau pembaca kata sandi satu kali (OTP), maka gunakanlah itu. Pasalnya, mampu memberikan perlindungan yang tinggi. Jika seseorang mencuri kata sandi Anda, pelaku tidak dapat menggunakannya karena tidak memiliki perangkat keamanan. Pastikan Anda tidak menyimpan informasi pembayaran untuk pembelian di masa mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini