Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh Hijau Versus Kopi, Mana yang Lebih Baik Turunkan Berat Badan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 September 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 620 2281320 teh-hijau-versus-kopi-mana-yang-lebih-baik-turunkan-berat-badan-LPEp6Ke3kx.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

Teh hijau dan kopi merupakan 2 jenis minuman yang baik bagi mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Kedua minuman tersebut merupakan alternatif yang lebih sehat.

Kedua minuman tersebut mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak nutrisi sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak.

Selain itu, minuman hangat ini memiliki khasiat lain yang meningkatkan kesehatan. Melansir Times of India, Okezone akan mencoba mencari tahu mana yang lebih efektif dalam hal menurunkan berat badan.

Teh Hijau untuk menurunkan berat badan

Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid yang disebut katekin. Catechin sebenarnya adalah sejenis antioksidan. Studi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mempercepat metabolisme, sementara katekin diketahui efektif memecah lemak berlebih dalam tubuh.

Sebuah studi kecil yang dilakukan pada 2010, mengungkapkan bahwa suplemen teh hijau sebenarnya dapat berdampak positif pada orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan mengatur berat badan mereka.

Teh hijau dianggap aman dikonsumsi tetapi dosis hariannya tidak boleh lebih dari 2 hingga 3 cangkir. Memang benar bahwa teh hijau aman dan sehat, tetapi memang mengandung sejumlah kafein.

Jadi, asupan kafein yang berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan masalah tidur dan berbahaya bagi orang yang menderita masalah jantung.

Teh hijau tidak hanya baik untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan, tetapi juga dapat dikonsumsi saat mencoba untuk tetap sehat.

Teh mengandung Vitamin B, folat, magnesium, dan flavonoid, yang dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan termasuk mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dan mengelola diabetes tipe 2.

 Teh hijau dan kopi merupakan 2 jenis minuman yang baik bagi mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Es Pallu Butung, Kuliner Segar Makassar Cocok Disantap Temani Makan Siang

Follow Berita Okezone di Google News

Kopi Hitam untuk menurunkan berat badan

Kopi adalah minuman populer lainnya yang disukai banyak orang ketika mereka mencoba menurunkan berat badan. Sama seperti teh hijau, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa seperti meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kopi hitam adalah versi kopi tradisional yang lebih sehat karena tidak sarat dengan krim dan gula. Ini sebagian besar disukai oleh orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Berlebihan mungkin memiliki beberapa efek kesehatan yang negatif.

Kopi hitam mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Aktivitas metabolisme yang tinggi dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengunyah makanan yang tidak sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan laju metabolisme Anda sebesar 3 hingga 11 persen. Kopi hitam sarat dengan nutrisi dan antioksidan. Ini mengandung Vitamin B2, B3, B5, Mangan, kalium dan magnesium.

Asupan kopi hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kinerja selama latihan. Namun minum lebih dari 2 cangkir kopi hitam dalam sehari bisa berbahaya bagi kesehatan.

Di sisi lain, ada beberapa bukti yang membuktikan bahwa kedua minuman itu efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak banyak bedanya.

Tetapi, bila menyangkut kesehatan secara keseluruhan maka teh hijau lebih bermanfaat daripada kopi hitam. Ini kaya akan antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti.

Ingatlah untuk tidak berlebihan mengonsumsinya. Bahkan makanan yang sehat pun harus dikonsumsi secukupnya. Selain itu, penurunan berat badan adalah hasil dari makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga yang intens.

Anda tidak bisa menurunkan berat badan hanya dengan minum teh hijau atau kopi hitam. Anda juga harus membuat perubahan yang diperlukan dalam gaya hidup Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini