Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud Nadiem: Pancasila Menyambung Masul Lalu dan Masa Depan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 620 2286875 mendikbud-nadiem-pancasila-menyambung-masul-lalu-dan-masa-depan-LMlsa817JG.jpg Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan Pancasila dapat menjadi sebuah lilin yang menerangi kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Hal tersebut dikatakan Nadiem dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kamis 1 Oktober 2020.

“Di masa krisis, lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana. Lilin Pancasila terlihat menyala dalam pengorbanan tenaga medis yang mempertaruhkan nyawanya setiap hari untuk menyelamatkan pasien Covid-19,” kata Nadiem sebagaimana yang dilihat dalam YouTube Kemendikbud, Kamis (1/10/2020)

Nadiem menyadari bahwa masa pandemi seperti sekarang terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda.

Saat ini, kata dia, setiap orang secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan krisis pembelajaran. Tetapi menurut Nadiem pada saat sulit seperti ini, Pancasila justru terlihat jelas mendarah daging di masyarakat.

Baca Juga: Gerak Cepat Soeharto Usai Subuh Maut 1 Oktober 1965

“Kalau kita melihat sekeliling kita dengan lebih peka, kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan di lingkungan masing masing,” tutur Nadiem.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, seluruh bangsa mengingat sejarah dan betapa besar pengorbanan nenek moyang untuk bangsa ini. Jika dilihat dengan seksama, lanjut Nadiem, disadari bahwa kesaktian Pancasila masih mengalir di generasi bangsa.

“Kita mengenal Pancasila sebagai falsafah negara, ideologi bangsa. Pancasila adalah akar yang menyambung masa lalu dan masa depan generasi,” katanya.

“Dan kalau kita melihat dengan seksama, kita bisa menyadari bahwa Kesaktian Pancasila terus mendarah daging di generasi kita,” tutupnya.

Baca Juga: Pamannya Tewas Diculik PKI, Ridwan Kamil: Luka Ini Begitu Dalam


(abp)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini