Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Phlebotomy yang Dilakukan Ridwan Kamil untuk Tes Vaksin Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 620 2289214 mengenal-phlebotomy-yang-dilakukan-ridwan-kamil-untuk-tes-vaksin-covid-19-WYTKbP1qBE.jpg Ridwan Kamil (Foto : @ridwankamil/Instagram)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru-baru ini mendapat kritikan pedas dari netizen. Hal itu dikarenakan ia dituduh berpura-pura dalam melakukan phlebotomy saat menjadi relawan vaksin Covid-19.

Dari foto yang diunggah Ridwan Kamil saat dirinya sedang dilakukan pengambilan darah, terdapat pihak-pihak yang menuduh ia berbohong lantaran tutup jarum suntik yang dinilai belum dibuka.

Namun, Ridwan juga telah memberikan klarifikasi mengenai berita bohong tersebut. Ia mengatakan bahwa dirinya melakukan phlebotomy menggunakan vacutainer.

Ridwan Kamil

Namun, masih banyak masyarakat yang tak mengenal istilah phlebotomy. Melansir Cambridge Health, phlebotomy adalah proses pengambilan darah untuk mengumpulkan spesimen guna mendiagnosa suatu penyakit.

Baca Juga : Pesona Cinta Laura Pakai Dress Menerawang, Netizen: Bidadari Salah Tempat Nih!

Phlebotomist bekerja di berbagai lokasi seperti laboratorium klinis, rumah sakit, kantor dokter dan klinik, pusat donor darah, panti jompo dan fasilitas lainnya. Di mana pun di mana darah diambil adalah tempat yang tepat untuk teknisi proses mengeluarkan darah.

Sementara itu, Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa dirinya tidak melakukan proses pengambilan darah dengan jarum suntik konvensional. Melainkan dengan teknologi yang lebih terbaru.

Ridwan Kamil

Proses pengambilan darah tersebut dilakukan dengan menggunakan alat bernama vacutainer. Tabung dengan tekanan negatif (vacutainer) akan menghisap darah sampai volume tertentu.

"Alat ini namanya vacutainer mas @teluuur. Ada dua jarum suntik yang satu ke vena, yang satu ke tabungnya. Yang terlihat seperti tutup itu, ya itulah tabung vacumnya. Teknologi baru dalam pengambilan darah. Beda dengan jarum suntik jadul yang biasa dipakai," tulis Ridwan Kamil memberikan klarifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini