Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penghentian Sementara Liga Italia Sama dengan Kiamat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 620 2291091 penghentian-sementara-liga-italia-sama-dengan-kiamat-k2fy8dC1UA.jpg Bola resmi Liga Italia 2020-2021 (Foto: Twitter/@SerieA_EN)

ROMA – Pandemi Covid-19 kembali mengganggu sepakbola Italia. Sedikitnya 26 orang pemain yang berlaga di Liga Italia dinyatakan positif terpapar Covid-19. Banyaknya jumlah pemain yang terpapar memunculkan wacana untuk kembali menghentikan sementara Serie A.

Seperti diketahui, Serie A 2019-2020 pernah terhenti pada periode Maret hingga Juni lalu. Hal itu tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang merenggut belasan ribu korban jiwa di Italia. Sepakbola pun ikut terkena dampaknya.

Sejumlah pemain dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Beruntung, Serie A 2019-2020 mampu diselesaikan pada Agustus lalu. Kini, Liga Italia memasuki musim baru, tetapi kasus positif Covid-19 kembali bermunculan.

Baca juga: Laga Inter vs Milan Terancam Batal Akibat Covid-19

Zlatan Ibrahimovic dinyatakan positif Covid-19

Tak pelak, wacana untuk mengevaluasi pelaksanaan, bahkan penghentian sementara Serie A menyeruak. Mantan Presiden Federasi Sepakbola Italia, Carlo Tavecchio mengingatkan, penghentian sementara Serie A sama dengan kiamat.

“Ada protokol yang sudah disetujui oleh semua otoritas dan valid untuk situasi-situasi berbeda. Sejauh yang saya tahu, ada juga kesepakatan antara klub bahwa mereka akan terus bermain, bahkan jika personel skuad berkurang drastis karena kasus Covid,” papar Carlo Tavecchio, dikutip dari Football Italia, Jumat (9/10/2020).

“Otoritas lokal setidaknya harus bekerja sama dengan otoritas pusat atau bahkan negara. Jika Serie A akan dihentikan sementara lagi, itu akan lebih buruk dari kiamat untuk sepakbola di negara ini,” imbuh pria berkebangsaan Italia itu.

Dari 26 orang pemain yang terpapar Covid-19, terbanyak ada di Genoa. Sebanyak 17 orang pemain klub berjuluk Il Grifoni dinyatakan positif. Genoa bahkan berencana menurunkan skuad primavera pada laga berikutnya melawan Verona, Selasa 20 Oktober 2020 dini hari WIB.

Meningkatnya kasus Covid-19 sudah menyebabkan laga bergengsi antara Juventus vs Napoli batal digelar pekan lalu. Hal itu disebabkan dua orang pemain Napoli yang dinyatakan positif Covid-19. Kasus tersebut memunculkan larangan terbang dari otoritas kesehatan lokal (ASL) kepada klub untuk tidak terbang ke Turin.

Intervensi dari ASL ditakutkan akan semakin meluas. Apalagi, dalam dekrit pemerintahan, ASL berhak mengintervensi sebuah pertandingan olahraga jika dimungkinkan. Seberapa pun ketatnya protokol yang dirancang Lega Serie A dan FIGC, masih bisa diintervensi oleh pihak pemerintah.

Ancaman itu berpotensi menunda satu laga seru pada pekan keempat Liga Italia 2020-2021, yakni Inter Milan vs AC Milan. Sebab, ada enam kasus positif Covid-19 pada kedua kesebelasan. Enam orang pemain Inter Milan dinyatakan positif, sementara AC Milan dua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini