Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Dorong UMKM Manfaatkan Peluang di Tengah Pandemi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 620 2294178 anies-dorong-umkm-manfaatkan-peluang-di-tengah-pandemi-8kkSHwEQ0o.jpg Tangkapan Layar Media Sosial

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan peluang saat pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

Menurut dia, pandemi virus corona telah mengurangi interaksi fisik banyak orang. Namun, di sisi lain interaksi virtual masyarakat semakin meningkat.

(Baca juga: Berikut Sebaran Penambahan Konfirmasi Corona di 34 Provinsi)

"Kita harus menangkap ini sebagai peluang. Karenanya pemanfaatan teknologi digital ini menjadi salah satu solusi untuk kita menjaga interaksi termasuk interaksi perekonomian," kata Anies dalam webinar, Kamis (15/10/2020).

Anies memastikan, Pemprov DKI Jakarta akan memfasilitasi pelaku UMKM dengan menjemput bola untuk memberikan izin kepada UMKM tersebut.

Mantan Mendikbud itu menerangkan, izin UMKM tersebut menjadi penting karena legalitas dari toko online menjadi perhatian utama para pembeli.

(Baca juga: Rekor Baru, Sebanyak 5.810 Orang Sembuh dari Covid-19 Hari Ini)

"Jadi bukan UMKM yang mengurus izin ke kita, tapi kita yang mendatangi. Yang belum punya izin, kita beri izin. Dengan diberi izin, mereka mendapat NPWP, maka mereka kalau berjualan online, bisa menunjukkan legalitas badannya,”ujarnya.

“Ini dibutuhkan karena interaksinya tidak ketemu langsung. Kalau ketemu langsung, kita tahu tokonya di mana, kita tahu rumahnya di mana. Tapi karena ini virtual, maka status ini menjadi penting," sambungnya.

Anies menerangkan, pandemi Covid-19 akan menjadi babak baru bagi pelaku UMKM dalam menjalankan aktivitas usahanya. Dimana, kata dia, akan ada sektor baru yang bertumbuh dan berkembang dengan pesat setelah pandemi virus corona berakhir.

Ia pun mendorong agar pelaku UMKM bisa membaca dan mengantisipasi perubahan zaman tersebut agar kegiatan usahanya bisa tumbuh dan berkembang.

"Nah kalau kita bisa membaca ini lebih awal, Insya Allah pelaku-pelaku usaha bisa membaca perubahan zaman lebih awal dari pada perubahan itu terjadi. Nah jadi saya membayangkan pandemi ini seperti pengingat kepada kita bahwa akan masuk era baru pascapandemi, dan sebaiknya dari awal kita mengantisipasi," tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini