Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Penyakit yang Perlu Anda Waspadai saat Musim Hujan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 620 2295208 ini-5-penyakit-yang-perlu-anda-waspadai-saat-musim-hujan-XhDLDO1FdR.jpg Musim hujan (Foto: Flickriver)

Saat musim hujan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 kita harus menjaga kesehatan ekstra. Jadi Anda harus banyak istirahat, makan sehat, dan olahraga ringan.

Nah, berbagai macam penyakit di musim hujan ternyata bukan hanya batuk dan pilek saja. Dilansir dari Times of India, berikut 5 penyakit yang umum terjadi saat musim hujan selain flu.

 sakit

1. Malaria

Malaria disebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di daerah yang tergenang air. Oleh karena itu, penyakit malaria adalah penyakit yang paling umum terjadi selama musim hujan.

Demam, menggigil, nyeri otot, dan kelemahan adalah gejala malaria yang paling menonjol. Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air di rumah Anda dan menjaga kebersihan lingkungan Anda.

2. Demam berdarah

Demam berdarah terjadi akibat gigitan nyamuk. Gejala demam berdarah antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, dan hipersensitivitas.

Menggunakan pengusir nyamuk dan tanaman pengusir serangga seperti serai adalah ide yang baik untuk mencegah nyamuk ini memasuki tempat kerja atau rumah Anda. Mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh Anda juga akan bermanfaat.

3. Diare

Penyakit usus yang meluas ini disebabkan karena konsumsi makanan dan air yang tidak higienis. Diare adalah penyakit yang dapat dicegah dan diobati jika seseorang berhati-hati.

Ada dua macam diare, akut dan kronis, yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan konsumsi makanan rumahan yang bersih adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Tifus

Penyakit yang ditularkan melalui air, tipus biasanya disebabkan karena sanitasi yang buruk. Ini berarti konsumsi makanan dan air yang dimasak atau disimpan dalam sanitasi yang buruk. Bakteri S. typhi inilah yang menyebabkan tifus.

Demam, sakit kepala, lemas, nyeri dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala tifus. Membawa pembersih tangan setiap saat, menahan diri dari mengonsumsi jajanan pinggir jalan dan minum cairan sehat akan membantu Anda mencegah penyakit tifus.

Baca juga: Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja?

5. Demam

Demam adalah gejala umum sepanjang tahun, tetapi paling umum terjadi selama musim hujan. Demam parah, pilek dan batuk adalah beberapa gejala umum. Ini bisa berlangsung dari 3-7 hari. Namun, selalu baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mendiagnosis apa pun.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini