Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkumur 30 Detik Ampuh Bunuh Virus Corona?

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 620 2297943 berkumur-30-detik-ampuh-bunuh-virus-corona-aAgLCHWuT8.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)
A A A

Covid-19 masih menjadi pandemi global, angka kasusnya terus bertambah, termasuk di Indonesia. Vaksin dan obat Covid-19 belum ditemukan, tapi para peneliti terus berusaha mendapatkannya.

Salah satunya yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology. Dalam jurnal tersebut, para ilmuwan telah menemukan bahwa antiseptic oral dan obat kumur tertentu mungkin memiliki kemampuan untuk menonaktifkan virus corona pada manusia.

Upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 dilakukan oleh Penn State University di AS. Sambil menunggu vaksin dikembangkan, diperlukan metode untuk mengurangi penularan. Selama penelitian, produk yang dievaluasi termasuk larutan sampo bayi satu persen, pembersih mulut peroksida, dan obat kumur.

Para peneliti juga menemukan bahwa beberapa cairan pembersih hidung dan mulut memiliki kemampuan kuat untuk menetralkan virus corona pada manusia. Ini menunjukkan bahwa produk-produk ini berpotensi mengurangi jumlah virus yang disebarkan oleh orang-orang yang positif Covid-19.

Berkumur

Baca Juga : Masker Kain Sutra Ampuh Cegah Covid-19? Ini Kata Dokter

Peneliti menggunakan tes untuk meniru interaksi virus di rongga hidung dan mulut dengan obat kumur. Mereka menangani larutan yang mengandung jenis virus corona manusia, yang berfungsi sebagai alternatif yang tersedia dan secara genetik serupa untuk SARS-CoV-2 dengan larutan sampo bayi, berbagai obat kumur antiseptik peroksida, dan berbagai merek obat kumur.

Mereka mengizinkan larutan itu berinteraksi dengan virus selama 30 detik, satu menit dan dua menit, sebelum mengencerkan larutan untuk mencegah inaktivasi virus lebih lanjut.

Follow Berita Okezone di Google News

Studi Membuktikan Khasiat Obat Kumur

Menurut Meyers, selubung luar dari virus korona manusia yang diuji dan SARS-CoV-2 secara genetik serupa sehingga tim peneliti berhipotesis bahwa jumlah yang sama dari SARS-CoV-2 mungkin dinonaktifkan setelah terpapar larutan tersebut.

Obat Kumur

Bagaimana dengan Sampo Bayi?

Satu persen dari larutan sampo bayi kabarnya mampu menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus korona manusia setelah waktu kontak selama dua menit. Beberapa produk obat kumur juga efektif untuk menonaktifkan virus yang menular.

Hasil dengan obat kumur cukup menjanjikan dan menambah temuan penelitian yang menunjukkan bahwa jenis obat kumur tertentu dapat menonaktifkan SARS-CoV-2 dalam kondisi eksperimental yang serupa, studi tersebut mencatat.

Baru-baru ini, penelitian lain, yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases, menemukan bahwa virus Sars-Cov-2 dapat "dilumpuhkan" menggunakan obat kumur yang tersedia secara komersial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini