Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajak Anak Liburan di Masa Pandemi Covid-19, Apa Sih Manfaatnya?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 620 2298347 ajak-anak-liburan-di-masa-pandemi-covid-19-apa-sih-manfaatnya-mv5w4BpsyD.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MENGAJAK anak liburan jadi momen seru tersendiri bagi keluarga. Di masa pandemi Covid-19, tak ada salahnya orangtua mengajak anak liburan di tempat yang aman.

Staycation mungkin adalah pilihan terbaik liburan di masa pandemi Covid-109. selain itu, Anda juga bisa mengajak anak liburan ke taman atau objwk wisata alam untuk memudahkan jaga jarak.

Ada banyak manfaat saat anak liburan bersama orangtua. Penasaran kan Moms? Ini dia ulasannya, dilansir Okezone dari Thehelatsite.

Dapat kenangan indah

traveling

Traveling menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengambil waktu di tengah kesibukan untuk mempererat hubungan dengan anak yang mungkin sempat renggang. Di sisi lain, memori indah kebersamaan akan terekam dalam ingatan anak-anak. Penelitian Psychological Science pun menyatakan bahwa saat seorang anak memiliki kenangan masa kecil bahagia, mereka cenderung menjadi pribadi yang aktif dan ceria.

Baca Juga: Long Weekend, KAI Tambah Perjalanan Kereta Api 13%

Cegah stres

Mengajak anak liburan bisa membantu menghindarkan anak agar tidak stres. Begitupun dengan orangtua, bisa mendekatkan waktu dengan si kecil di tengah rutinitas pekerjaan yang membuat sakit kepala. Di masa pandemi Covid-19, tak perlu jauh-jauh liburam, cukup keliling kota mencari tempat yang menyenangkan untuk dieksplorasi.

 

Dekat dengan alam

Merasakan suasana alam secara langsung akan menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian anak terhadap alam. Contoh sederhananya, liburan ke taman terbuka atau berkunjung ke kebun binatang.

Mengajarinya lebih bertanggung jawab

Gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak menjadi lebih mandiri. Misalnya, mengajari mereka untuk lebih bertanggungjawab pada benda-benda miliknya, seperti paspor dan ranselnya. Dari traveling pula anak dapat belajar menumbuhkan rasa inisiatif, seperti membawa air minum sendiri, membantu membawa koper hingga jajan sesuai uang yang diberikan.

Baca Juga: 4 Tempat Glamping Seru di Bogor, Bisa Main Ke Curug

Perkembangan otak

Liburan juga meningkatkan perkembangan otak anak. Pada saat liburan keluarga, anak akan menjalankan dua fungsi sistem genetik yang terdapat di area limbik otak, yakni bermain dan mencari tahu.

Ketika anak mengeksplorasi kesenangannya dalam liburan, dalam tubuhnya akan melepaskan hormon oksitosin. Ia akan merasa lebih bersemangat dan bahagia. Bagaimanapun, liburan juga membentuk ciri kepribadian setiap anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini