Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Joe Biden Bawa Angin Segar bagi Ekonomi RI

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 620 2305577 4-fakta-joe-biden-bawa-angin-segar-bagi-ekonomi-ri-KHeJBRqCDd.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan dia yakin akan menang dalam pemilihan presiden (Pilpres AS) dan mengalahkan Petahana Donald Trump. Meski begitu, dia meminta semua orang untuk tenang saat suara dihitung.

Beberapa pengamat ekonomi menilai jika Biden menang akan memberikan sejumlah dampak terhadap keuangan global. Kira-kira apa saja dampak positif bagi ekonomi RI jika Biden menjadi Presiden AS?

Berikut adalah fakta mengenai dampak pilpres AS terhadap ekonomi Indonesia yang dirangkum Okezone, Sabtu (7/11/2020).

1. Perang Dagang Mereda

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menyebut sisi positif untuk ekonomi Indonesia bila Biden menang ialah eskalasi perang dagang dengan China akan menurun. Sebab, situasi akan menguntungkan pemulihan ekspor Indonesia baik ke AS maupun sebagai pemasok bahan baku ke China.

"Biden dalam hal stimulus dinilai lebih pro terhadap kelas menengah AS yang merupakan pasar besar produk garmen dan alas kaki dari Indonesia. Berbeda dengan Trump yang pro terhadap keringanan pajak bagi kelas atas atau elit," kata Bhima kepada Okezone, Kamis (5/11/2020).

2. Pemulihan Ekonomi Global

Gelontoran stimulus di AS yang lebih besar diharapkan mampu mempercepat pemulihan ekonomi global. Di sisi lain, Biden juga menaruh perhatian terhadap penanganan Covid19 yang lebih serius dengan pendekatan sains.

"Ini kabar baik agar pandemi bisa segera ditekan di AS," ujar Bhima.

3. Angin Segar untuk Pasar Keuangan

Direktur Riset CORE Piter Abdullah menilai bila nanti Biden benar menjadi orang nomor satu di negara adidaya tersebut, maka diprediksi pasar keuangan global dan juga Indonesia Akan Lebih positif.

"Karena ada keyakinan ketidakpastian dan perang dagang akan berakhir. Biden akan memberikan harapan kepastian pasar yang lebih baik. Kebijakan Trump selama ini terlalu sering memunculkan gejolak. Diharapkan nantinya Biden akan Lebih tenang dan lebih bisa diprediksi," kata Piter kepada Okezone, Kamis (5/11/2020).

4. Peningkatan Investasi

Piter menyebut dampak positif khusus untuk Indonesia, yaitu akan banyak investor yang menanamkan modal di Tanah Air.

"Sentimen positif dengan adanya harapan meredanya perang dagang, kebijakan Amerika yang Lebih bisa diprediksi, akan mendorong arus modal ke negara berkembang termasuk ke Indonesia," kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini