Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksin Covid-19 Pfizer 90% Efektif, Apa Artinya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 620 2307143 vaksin-covid-19-pfizer-90-efektif-apa-artinya-utnqpjABUq.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

Kabar terbaru tentang vaksin Covid-19 dirilis Pfizer. Ya, perusahaan farmasi itu menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang mereka uji diklaim 90 persen efektif menangkal virus SARS-CoV2.

Informasi dari Pfizer itu bahkan disebut sebagai 'great day for science and humanity' atau 'hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan'. Sebab, kabar tersebut dinilai melampaui harapan para ahli mengenai vaksin Covid-19.

Pembuatan vaksin Covid-19 Pfizer sendiri melibatkan pihak lain yaitu perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech. Uji klinis vaksin ini melibatkan 43.500 orang di enam negara dan kesemuanya tidak ada laporan soal masalah keamanan.

Lantas, apa makna dari '90 persen efektif mencegah Covid-19'?

Vaksin Covid-19

Menurut laporan ITV, meski vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech diklaim 90 persen efektif mencegah Covid-19, ini masih temuan sementara dan penelitian akan terus berlanjut.

Kemudian, Pfizer sendiri berencana untuk mengajukan permohonan kepada regulator Amerika Serikat yaitu Food and Drug Administration (FDA) untuk persetujuan darurat untuk penggunaan vaksin pada akhir bulan.

Baca Juga : Potret Caitlin North Lewis yang Fotonya Diunggah Nicholas Saputra, Patah Hati Seantero Indonesia

Lalu, jenis vaksin apa yang diproduksi Pfizer dan BioNTech?

Vaksin mereka ini dikenal dengan nama messenger RNA (mRNA). Ini adalah vaksin konvensional yang diproduksi menggunakan virus yang dilemahkan, tetapi mRNA hanya menggunakan kode genetik virus.

Vaksin mRNA disuntikkan ke dalam tubuh yang kemudian vaksin tersebut memasuki sel dan memberitahu mereka untuk membuat antigen. Antigen ini kemudian dikenali oleh sistem kekebalan tubuh dan mempersiapkannya untuk melawan virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Apa keuntungan dari vaksin ini?

Vaksin Covid-19

Sebenarnya, tidak diperlukan virus untuk membuat vaksin mRNA. Ini berarti kecepatan produksi vaksin akan sangat dramatis. Hasilnya, vaksin mRNA telah dipuji berpotensi menawarkan solusi cepat untuk mengatasi wabah penyakit baru, termasuk Covid-19.

Vaksin mRNA juga dapat dimodifikasi dengan cukup cepat jika misalnya virus mengembangkan mutasi dan mulai berubah. Di samping itu, produksi mRNA juga terbilang lebih murah daripada vaksin tradisional. Namun, keduanya akan berperan penting dalam menanggulangi Covid-19.

Apakah vaksin ini aman?

Perlu ditegaskan pada masyarakat bahwa semua vaksin menjalani pengujian yang ketat dan memiliki pengawasan dari regulator berpengalaman. Beberapa percaya bahwa vaksin mRNA aman untuk pasien karena tidak bergantung pada elemen virus yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia.

Vaksin mRNA telah dicoba dan diuji di laboratorium dan pada hewan, namun vaksin Covid-19 akan menjadi yang pertama dilisensikan untuk digunakan pada manusia. Uji coba vaksin mRNA pada manusia telahberlangsung sejak awal 2020 untuk menunjukkan apakah vaksin ini aman dan efektif atau tidak.

Pfizer sendiri akan terus mengumpulkan data keselamatan dan hasil jangka panjang dari koresponden vaksin selama dua tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini