Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Depresi, Olahraga Teratur hingga Tidur yang Cukup

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 620 2307863 cegah-depresi-olahraga-teratur-hingga-tidur-yang-cukup-sPQhbQawc2.jpg (Foto: Mirror)

Sebagian orang bisa mengalami depresi yang bisa mengganggu aktivitas maupun kesehatan. Untuk mengatasi depresi, seseorang bisa memperhatikan beberapa hal berikut, seperti dilansir dari Healthline.

Melakukan Hal Baru

Melakukan sesuatu kegiatan yang baru ketika Anda mulai terasa depresi dapat mencegah terjadinya depresi. Melakukan hal baru akan membuat Anda tertantang dan meningkatkan hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa senang atau kenikmatan.

Kurangi Waktu dengan Social Media

Penelitian telah menunjukkan Trusted Source bahwa peningkatan penggunaan media sosial dapat menyebabkan atau berkontribusi pada depresi dan harga diri yang rendah. Media sosial bisa membuat ketagihan, dan penting untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja.

Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental Anda. Selain itu dalam mengatasi depresi dapat dengan melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan mood. Olahraga secara rutin dapat membuat kamu merasa lebih baik. Keuntungan berolahraga ini berefek panjang karena mendorong otak untuk berpikir positif.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan mental dan fisik. Menurut National Sleep Foundation, penderita insomnia memiliki risiko sepuluh kali lipat terkena depresi dibandingkan mereka yang tidur nyenyak.

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, Anda bisa melakukan dengan cara tidak melihat layar apa pun selama dua jam sebelum tidur dan hindari kafein setelah tengah hari.

Mengurangi Stres

Stres kronis adalah salah satu penyebab umum depresi. Mempelajari cara mengelola dan mengatasi stres sangat penting untuk kesehatan mental yang optimal dengan cara melatih kesadaran.

 Sebagian orang bisa mengalami depresi yang bisa mengganggu aktivitas maupun kesehatan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan 12.556 Mikroba Baru, Ini Metode yang Digunakan

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini