Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fintech Tingkatkan Inklusi Keuangan, Menko Airlangga Pede Ekonomi RI Tumbuh Positif

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 620 2307876 fintech-tingkatkan-inklusi-keuangan-menko-airlangga-pede-ekonomi-ri-tumbuh-positif-0gCL5bNLFc.jpg Menko Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) menggelar Pekan Fintech Nasional (PFN) 2020 dan Indonesia Fintech Summit (IFS) 2020 pada 11-25 November 2020.

Acara ini mengangkat tema "To Survive and To Thrive: Accelerating National Economic Recovery through Concerted Efforts in the Digitization of Indonesia’s Financial Services".

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tema ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk pulihkan ekonomi nasional dengan langkah-langkah strategis yang diharapkan dapat mampu meningkatkan inklusi keuangan dan menjadi jembatan menuju kesejahteraan masyarakat.

"Kasus pandemi Covid-19 secara global telah menembus angka 50 juta dan terus meningkat dan Indonesia tingkat recovery ratenya 84,5% dan ini lebih tinggi dari rata-rata tingkat global," ujar dia dalam pembukaan Indonesia Fintech Summit (IFS) 2020 secara virtual, Rabu (11/11/2020).

 

Kemudian, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi dari kuartal II ke kuartal III positif dari -5,32% menjadi -3,49%. Namun kalau secara kuartal per kuartal ada kenaikan 5,05%.

"Sehingga kita harap ke depan dengan mempertahankan tren pertumbuhan kuartal per kuartal itu kita harap di akhir tahun arahnya menuju 0 atau positif," ungkap dia.

Dia juga menambahkan pemerintah telah anggarkan Rp695,2 triliun untuk program PEN. Di mana program PEN ini tentunya sebagian menggunakan teknologi digital dan juga terkait pembiayaan berbasis fintech.

"Upaya pemulihan ekonomi, pemerintah terus strategis test tracing dan treatment. Sementara masyarakat diharapkan dapat menjalankan disiplin jaga jarak, pake masker, cuci tangan dan kami (pemerintah) sudah keluarkan peta jalan pelaksanaan vaksinasi atau imunisasi lewat Perpres 99/2020. Ini tentu kita harap bisa dorong kepercayaan masyarakat untuk aktivitas di luar rumah," tandas dia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini