Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dibubarkan Pemerintah, BOPI Terima dengan Lapang Dada

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 620 2318390 dibubarkan-pemerintah-bopi-terima-dengan-lapang-dada-EgL1Y04Sti.jpg Ketua BOPI Richard Sam Bera (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020 berisikan pembubaran 10 lembaga negara non-kementerian. Salah satu lembaga yang dibubarkan, adalah Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

BOPI secara organisasi menerima keputusan yang diambil oleh Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). Sebab, BOPI merupakan lembaga bentukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ilustrasi Bola (Foto: Shutterstock)

Namun, Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera berharap tetap ada yang memperhatikan industri olahraga profesional Indonesia. Menurutnya, Industri olahraga profesional Indonesia sedang berkembang pesat dan pantas diberikan perhatian penuh.

Richard menyatakan setiap olahraga profesional Indonesia juga mempunyai andil dalam perkembangan ekonomi. Selain itu, nama Indonesia juga akan harum di dunia internasional jika para atlet berprestasi dalam setiap kompetisi. Oleh sebab itu, dia ingin perhatian terhadap olahraga profesional Indonesia tidak berkurang setelah BOPI dibubarkan.

"Saat ini industri olahraga profesional di Indonesia sedang berkembang pesat dan pemerintah harus tetap hadir di sana untuk menjaga industri tersebut tetap berkembang dengan baik, fair bagi semua yang terlibat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meski BOPI saat ini dibubarkan," ujar Richard dalam rilis pers yang diterima Okezone, Minggu (29/11/2020).

“Ke depan, lembaga atau badan apapun yang akan dipercaya menjadi pembina industri olahraga profesional, hendaknya mendapat landasan dan kewenangan hukum yang jelas dan tepat dalam menjalankan tugasnya, sehingga industri olahraga profesional dan cabang-cabang olahraga profesional di dalamnya dapat berkembang lebih baik dan lebih jauh lagi,” tutur Richard.

BACA JUGA: BOPI dan BSANK Dibubarkan, Kemenpora Siap Ambil Alih Peran

"Semoga setelah BOPI dibubarkan, pemerintah tetap membina industri olahraga profesional dengan kewenangan yang jelas, apapun bentuk lembaga atau badan itu nantinya, untuk tetap menjamin perkembangan industri dan cabor-cabor olahraga profesional Indonesia," ucapnya.

"Saya mewakili semua pengurus BOPI, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkoordinasi, mendukung, dan membantu kami dalam menjalankan tugas selama ini. Kami juga mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan saat kami menjalankan tugas. Semoga apa yang sudah kami lakukan selama ini, bermanfaat bagi industri olahraga profesional Indonesia," pungkas Richard.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini