Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atalanta Garang saat Tandang, Melempem di Kandang pada Liga Champions 2020-2021

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 620 2325260 atalanta-garang-saat-tandang-melempem-di-kandang-pada-liga-champions-2020-2021-F4kU9u8TIF.JPG Skuad Atalanta merayakan kemenangan di kandang Ajax Amsterdam (Foto: Reuters/Piroschka Van De Wouw)

WAKIL Italia, Atalanta, berhasil melenggang ke babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021. La Dea lolos sebagai runner-up dari Grup C Liga Champions 2020-2021 dengan nilai 11. Ada catatan menarik yang dibuat oleh Atalanta sepanjang fase grup, yakni tidak pernah menang di kandang.

Dari 16 kontestan yang lolos ke fase gugur, Atalanta menjadi satu-satunya klub yang tidak pernah meraih minimal satu kemenangan di kandang sendiri. Namun, mereka bisa tampil garang saat bermain di kandang lawan dengan menyapu bersih tiga kemenangan.

Dua wajah tersebut sangat kontras. Betapa tidak, Atalanta hanya meraup dua angka dari maksimal sembilan di laga kandang. Sedangkan pada laga tandang, mereka mampu memetik angka maksimal sembilan.

Baca juga: Gasperini Puas Atalanta Menangi 3 Laga Tandang Termasuk di Anfield

Duvan Zapata samakan skor (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Catatan tersebut lebih buruk dibandingkan pada debut mereka di Liga Champions 2019-2020. Musim lalu, Atalanta meraih empat angka dari maksimal sembilan di laga kandang. Sementara di laga tandang, Gli Orobici hanya menuai tiga dari maksimal sembilan.

Perbedaan besar memang terjadi dibandingkan musim lalu. Pada Liga Champions 2019-2020, Atalanta meminjam Stadion San Siro di Milan sebagai markas sementara. Sebab, kandang mereka di Stadion Atleti Azzurri D’Italia, tidak memenuhi syarat menggelar laga sekelas Liga Champions.

Kini, stadion berkapasitas 20 ribu tempat duduk itu sudah selesai menjalani renovasi. Atalanta pun bisa menggelar pertandingan fase grup Liga Champions 2020-2021 di arena yang kini bernama Stadion Gewiss setelah dibeli dari Pemerintah Kota Bergamo.

Sayangnya, kembalinya Atalanta ke kandang sendiri tidak membuahkan hasil manis, terutama di Liga Champions. Pada laga pertama di kandang musim ini, anak asuh Gian Piero Gasperini hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Ajax Amsterdam.

Hasil lebih menyesakkan diraih pada laga kedua. Mereka dibantai Liverpool dengan skor telak 0-5 di kandang sendiri. Parahnya lagi, saat menjamu tim terlemah di grup, FC Midtjylland, Atalanta hanya memetik satu angka usai imbang 1-1.

Atalanta sempat dihajar Liverpool 0-5

Faktor ketidakhadiran penonton disinyalir menjadi penyebab penampilan melempem Atalanta di kandang sendiri pada fase grup. Beruntung, penampilan buruk di kandang sendiri mampu dikompensasikan dengan sapu bersih pada laga tandang, sesuatu yang memuaskan Gian Piero Gasperini.

“Ini adalah pencapaian luar biasa, bahkan lebih baik dari musim lalu karena kami harus menghadapi dua monster sakral dalam bentuk Liverpool dan Ajax Amsterdam di grup yang sama dan kami bisa memenangi semua partai tandang,” papar Gian Piero Gasperini, dilansir dari Football Italia, Kamis (10/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini