Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

16 Tahun Tsunami Aceh, Menparekraf Sandiaga Uno: Kebangkitan Aceh Menginspirasi Bangkitnya Pariwisata Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 620 2334132 16-tahun-tsunami-aceh-menparekraf-sandiaga-uno-kebangkitan-aceh-menginspirasi-bangkitnya-pariwisata-indonesia-BuplnrswFB.jpg Masjid Baiturrahman, wisata ikonik Aceh. (Foto: Okezone)

TSUNAMI Aceh 26 Desember 2004 menjadi salah satu catatan sejarah besar Indonesia. Bank Dunia mencatat, jumlah korban akibat Tsunami di Aceh mencapai 167 ribu orang, baik yang meninggal dunia maupun hilang.

Akan tetapi, bertahun-tahun kemudian, peristiwa itu menyisakan hikmah betapa kuatnya masyarakat Aceh untuk bangkit. Karakter masyarakat Aceh yang kuat dan mandiri memberi inspirasi bangsa ini untuk dapat bangkit dari pandemi Covid-19, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, seperti saat ini masyarakat harus sama-sama dapat bangkit dari pandemi Covid-19, yang memberikan dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Salah satunya adalah dengan menjalankan penerapan protokol kesehatan yang baik agar dampak Covid-19 segera teratasi dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tumbuh baik dan tercipta lapangan kerja seluas-luasnya," kata lewat keterangan resminya.

 aceh

Baca Juga: Tempat Wisata di Penajam Paser Utara Tutup hingga 3 Januari 2021

Aceh, menurut dia, memiliki sumber daya alam serta budaya kuat yang dapat menjadi potensi dan daya tarik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebut saja kulinernya yang khas seperti Mi Aceh dan Ayam Tangkap, serta keragaman kriya dan busana seperti Songkok Aceh yang bisa menjadi inspirasi produk kreatif.

"Semua itu menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan," tambahnya.

Sandiaga menambahkan, peringatan tsunami yang akan diselenggarakan secara hybrid ini sebagai bentuk adaptasi sekaligus inovasi di tengah pandemi. Seluruh stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif beradaptasi penuh dengan kebutuhan penerapan protokol kesehatan yang baik.

"Kebangkitan Aceh akan menginspirasi kebangkitan Pariwisata Indonesia ke depan," kata Sandiaga Uno.

Perlu diketahui, pada peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh, Pemerintah Provinsi Aceh mengajak masyarakat zikir dan doa kepada para syuhada tsunami, serta tausiyah yang akan disampaikan oleh Syeikh Ali Jaber. Peringatan dilaksanakan secara sederhana dan terbatas di dua tempat bersamaan, yaitu Stadion Harapan Bangsa sebagai lokasi utama peringatan, dan Anjong Mon Mata.

Baca Juga: Pengelola Hutan Wisata Punti Kayu Palembang Batasi Jumlah Pengunjung

Penerapan protokol kesehatan yang ketat berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini