Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Konsisten Olahraga? Yuk Ikuti 6 Langkah Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 620 2334912 mau-konsisten-olahraga-yuk-ikuti-6-langkah-ini-IU0987zmOZ.jpg Ilustrasi olahraga lari. (Foto: Free-Photos/Pixabay)

SUDAH tidak diragukan lagi bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga pola makan dan tidur, olahraga rutin bisa membantu tubuh menjadi tetap fit dan segar.

Jangan bingung untuk memulai olahraga apa pun. Anda bisa melakukannya di rumah dengan meluangkan waktu sebentar saja. Tidak perlu gerakan ekstrem, Anda dapat mencoba gerakan simpel yang bisa diikuti dari video di media sosial.

Baca juga: Supaya Cepat Sembuh, Pasien Covid-19 Wajib Hindari 5 Asupan Ini 

Untuk meningkatkan semangat Anda dalam berolahraga secara rutin, coba lakukan langkah-langkah berikut ini, seperti Okezone rangkum dari Times of India.

1. Nilai tingkat kebugaran Anda

Menilai tingkat kebugaran ini penting untuk membantu Anda memilih latihan yang tepat dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai. Jangan memulai dengan intensitas tinggi jika tubuh Anda belum siap untuk itu. Periksa berat badan, kelenturan, kekuatan, dan daya tahan Anda.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cari dan pilih gerakan-gerakan yang mendukung akan hal tersebut. Tapi jika hanya ingin tetap aktif menjaga kebugaran tubuh, pilih latihan atau gerakan yang sesuai. Sesuaikan dengan apa yang ingin Anda capai dalam berolahraga ini.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Protein Lebih Banyak dari Telur, Apa Saja? 

3. Lakukan olahraga yang tepat dengan tujuan Anda

Jika Anda ingin tetap bugar, berlari atau berjalan saja sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin membangun otot dan mengencangkan tubuh, maka pilihlah olahraga kekuatan. Demikian dengan meningkatkan kelenturan dan mengurangi tingkat stres, Anda bisa melakukan latihan ringan.

4. Bantuan profesional

Jika Anda telah memutuskan untuk meminta bantuan profesional, carilah kelas kebugaran dan gym di dekat rumah. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga di rumah sendiri, cari pelatih yang bisa datang. Jangan lupa siapkan perlengkapan olahraga seperti sepatu, matras, pakaian olahraga, dan lain-lain.

Baca juga: Terpapar Covid-19 saat Liburan, Dokter Sarankan Segera Ambil Langkah Ini 

5. Mulai dengan perlahan

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri untuk menahan stres dan tekanan. Jadi, mulailah perlahan dan berikan waktu untuk tubuh Anda sebelum meningkatkan intensitas dan jumlah pengulangan gerakan olahraga.

6. Pantau kemajuan

Jika Anda melakukan latihan dengan atau tanpa bantuan profesional, tetap buatlah catatan sendiri tentang diet harian dan olahraga. Setelah seminggu, pantau kemajuan Anda. Ini akan membantu melihat sudah sejauh mana gerakan olahraga Anda memengaruhi perubahan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini