Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Mudah Bikin Makanan Sehat, Baik untuk Tubuh Lho

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 620 2335575 9-cara-mudah-bikin-makanan-sehat-baik-untuk-tubuh-lho-oR9X3DwiJS.jpg Makanan sehat baik untuk tubuh manusia. (Foto: Schantalao/Freepik)
A A A

MAKANAN sehat biasa dikonsumsi seseorang yang baru saja pulang setelah menjalani pemulihan di rumah sakit. Tapi, mengonsumsi makanan sehat ternyata juga penting buat kamu yang tidak sedang menjalani masa pemulihan. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuh lho.

Supaya terus fit, menjaga dan mengatur pola makan merupakan hal penting. Sayangnya, masih banyak orang yang mengira bahwa membuat makanan sehat itu membutuhkan waktu yang lama dan bahan-bahan yang rumit.

Baca juga: Resep Tuna Asam Manis, Praktis, Lezat dan BergiziĀ 

Segera buang pikiran seperti itu, karena Okezone punya tips mudah membuat makanan sehat. Bagaimana caranya? Simak berikut ini, seperti dikutip dari Your Tango.

1. Siap sedia bahan-bahan

Rahasia membuat makanan cepat saji adalah kamu sudah memiliki sesuatu untuk dimasak. Ketika berbelanja, pilih berbagai bahan pokok yang akan bertahan lama di dapur atau lemari es. Jadi, kamu sudah siap sedia membuat menu makanan sehat.

2. Beli banyak bahan makanan sehat

Coba beli bahan-bahan makanan sehat dalam jumlah besar. Di antaranya selalu sediakan daging sapi, ayam, ikan, dan sayuran beku organik yang bisa disimpan di lemari es.

3. Rencanakan menunya

Jika kamu sudah mengetahui apa yang akan dimakan, siapkanlah lebih awal sehingga tidak membuang-buang waktu untuk membelinya terlebih dahulu. Ini mengharuskan kamu untuk mencairkan sesuatu di pagi atau siang hari, jadi rencanakan menu apa yang akan dikonsumsi pada hari itu, mulai pagi sampai malam.

Baca juga: 5 Asupan yang Bisa Bikin Pintar, Yuk Rajin DikonsumsiĀ 

4. Belanja secara teratur

Belilah apa yang akan kamu makan pada minggu itu saja. Ini untuk menjaga produk tetap segar. Seperti selada, mentimun, bawang bombai, tomat, dan beberapa potong buah, tergantung apa yang diinginkan.

5. Pilih bahan makanan yang sehat dan serbaguna

Siapkan keju dan yogurt. Produk susu ini membantu kamu memvariasikan menu makanan sehat. Keju bisa digunakan untuk lasagna dan banyak makanan cepat saji lainnya. Yoghurt tawar baik untuk saluran pencernaan dan bisa dipakai dalam banyak saus atau dressing.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Belanja bahan makanan di akhir pekan

Kamu juga bisa mencoba melakukan persiapan makan untuk setiap pekannya. Ini membantu memastikan bahwa setidaknya sarapan dan makan siang sudah direncanakan. Dengan melakukan ini, kamu tidak akan boros membeli bahan-bahan yang mungkin tidak dimakan.

7. Masak besar setiap akhir pekan

Walaupun membutuhkan waktu yang mungkin sedikit lebih lama dari biasanya, memasak sesuatu dalam jumlah cukup besar dapat memudahkan untuk tidak memasak sesuatu lagi di malam hari. Kamu hanya perlu memanaskannya.

Baca juga: 4 Kombinasi Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cepat Turunkan Berat BadanĀ 

8. Belilah alat pembuat salad

Sayuran hijau akan bertahan hampir sepanjang minggu, dan kamu tidak perlu khawatir akan layu atau kecoklatan sebelum bisa mengolah semuanya. Jadi kalu kamu sedang terburu-buru, bisa membuat salad sayur dengan praktis dan cepat menggunakan alat.

9. Beli sayuran yang bisa dikukus

Memasak di rumah jauh lebih sehat, tidak menggemukkan, dan lebih murah daripada membeli di luar. Kamu bisa memasukkan sayuran ke dalam microwave, mengukus atau merebusnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini