Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Usaha Optimis Pariwisata Aceh Bangkit Tahun Ini

Antara, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338778 pelaku-usaha-optimis-pariwisata-aceh-bangkit-tahun-ini-nLjaXZPQHt.jpg Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (Foto Hafid Junaidi/bandaaceh.go.id)

ASOSIASI Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh menyatakan optimis pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia tersebut kembali bangkit dan berkembang pada 2021.

Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi, mengatakan sektor pariwisata Aceh sempat terpuruk pada 2020 karena pandemi COVID-19 yang kini masih berlangsung.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Memukau di Gorontalo yang Selalu Ramai Pelancong

"Tidak hanya Aceh, sektor pariwisata Indonesia maupun dunia juga mengalami kondisi serupa. Namun, kami yakin sektor pariwisata kembali bangkit," kata Azwani Awi di Banda Aceh, Senin (4/1/2021).

Azwani mengatakan sektor pariwisata tidak boleh dibiarkan terpuruk karena pandemi COVID-19. Para pelaku pariwisata di Aceh harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Menurut Azwani, kunci membangkitkan dan memajukan kembali sektor pariwisata adalah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti anjuran pemerintah.

"Protokol kesehatan, di antaranya selalu memakai masker, menjaga jarak, dan tidak menimbulkan kerumunan, merupakan kunci utama membangkitkan sektor pariwisata Aceh," kata Azwani Awi.

 

ASPPI Aceh, kata Azwani Awi, selalu mengingat pelaku pariwisata, khususnya kalangan anggota untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika tidak, maka sektor pariwisata Aceh akan sulit kembali tumbuh dan berkembang.

"Kami juga tidak ingin sektor pariwisata Aceh menjadi klaster penyebaran COVID-19. Karena itu, mari sama-sama memutuskan mata rantai penularan virus tersebut," kata Azwani Awi.

Baca juga:  Pertama Kali Liburan ke Bali, Enaknya Ngapain Aja Ya?

Untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata Aceh, kata Azwani Awi, ASPPI Aceh menggagas pertemuan para para pelaku pariwisata dalam sebuah kegiatan diberi nama Aceh Travel Mart.

"Pertemuan tingkat nasional tersebut dijadwalkan 21 hingga 23 Maret mendatang. Pertemuan tersebut menjadi ajang promosi dan penjualan paket pariwisata Aceh kepada pelaku pariwisata di Indonesia," kata Azwani Awi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini