Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksinasi Covid-19 Dimulai Jadi Harapan Baru Ekonomi, Ini 6 Faktanya

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 620 2344970 vaksinasi-covid-19-dimulai-jadi-harapan-baru-ekonomi-ini-6-faktanya-5pkcEwjn9i.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Kedatangan vaksin Covid-19 ini menjadi harapan baru atas penanganan pandemi Covid-19 yang sudah melanda negeri ini sejak awal Maret 2020 lalu.

Ada sejumlah fakta menarik tentang Vaksin yang diharapkan akan mengubah ekonomi RI. Berikut fakta yang sudah dirangkum Okezone, pada Sabtu (15/1/2021).

1. Ekonomi Akan Meningkat jika Vaksinasi Lancar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa laju ekonomi Indonesia akan bergantung pada kesuksesan program vaksinasi covi-19.

Baca Juga: Ini Alasan Vaksinasi Covid-19 Diutamakan bagi Masyarakat Usia Produktif

2. Angin Segar bagi IHSG

Dari segi market, analis PT MNC Sekuritas Catherine Vincentia mengatakan bahwa market masih benar-benar didorong optimisme vaksin, dengan penutupan IHSG kemarin menguat terbatas.

3. Kadin Minta Akses Vaksinasi Mandiri

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memberikan usulan kepada pemerintah untuk memberi akses vaksin mandiri bagi swasta guna mendorong percepatan vaksinasi secara nasional, khususnya bagi karyawan dan pekerja untuk segera bisa divaksin agar roda perekonomian bisa terus berjalan.

4. JP Morgan Ramal Ekonomi RI 2021 Tumbuh 4%

Perekonomian Indonesia 2021 menurut J.P. Morgan diperkirakan tumbuh sebesar 4% didukung oleh konsumsi sebesar 2,2%, investasi 1,2%, dan net ekspor sebesar 0,7%.

Morgan juga memproyeksikan aliran dana asing akan kembali ke Indonesia didorong oleh sentimen positif, yaitu perkembangan vaksin sebagai key market drivers, dan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja sebagai reformasi kebijakan terbesar sejak 1998, yang bertujuan untuk mendorong Foreign Direct Investment (FDI) dan transformasi Indonesia menuju ke negara manufaktur di Asia dan hub technology.

5. Game Changer Pemulihan Ekonomi

Vice President Pertamina Energi Institute Hery Haerudin mengatakan, vaksin bisa menjadi salah satu hal yang mengubah alur permainan dari krisis menuju pemulihan ekonomi global. Oleh karena itu, beberapa negara berlomba-lomba melakukan penelitian tentang vaksin Covid-19.

6. Banyak Masyarakat Ragu Keamanan Vaksin COVID-19

Ternyata masih cukup banyak masyarakat yang meragukan keamanan vaksin. Hasil survei Badan Kesehatan Dunia (WHO) terhadap 115.000 masyarakat Indonesia pada September 2020 lalu, misalnya, sekitar 27,6% masih menyatakan ragu terhadap keamanan vaksin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini