Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penelitian Ungkap Pasien Covid-19 Alami Gejala Sama Usai Sembuh

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 620 2347546 penelitian-ungkap-pasien-covid-19-alami-gejala-sama-usai-sembuh-8OO7AX0UnO.jpg Ilustrasi penanganan covid-19. (Foto: Teksomolika/Freepik)

KETIKA seseorang dinyatakan sembuh dari paparan virus corona atau covid-19, bukan berarti sudah terbebas sepenuhnya. Mereka harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tidak tertular lagi.

Namun, tidak sedikit dari pasien covid-19 yang terkena long covid usai sembuh. Mereka merasakan berbagai gejala, seperti demam hingga lemas.

Baca juga: IDI: Keterbatasan Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 Juga Terjadi di Negara Lain 

Dikutip dari laman Times of India, Rabu (20/1/2021), sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa 76 persen orang yang telah sembuh dari covid-19 merasakan gejala yang sama selama enam bulan setelah pulih.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet tersebut, 76 persen orang yang dirawat di rumah sakit akibat terinfeksi covid-19 masih memiliki setidaknya satu gejala dalam enam bulan setelah sembuh.

Penelitian tersebut mengamati 1.733 orang yang dites positif covid-19 di Wuhan, China; dan melacak pemulihan mereka sejak Juni hingga September.

Penelitian itu mengklaim bahwa sekira 76 persen partisipan mengalami gejala covid-19 atau long covid selama enam bulan setelah sembuh.

Baca juga: Azithromycin Disebut Bisa Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter 

Orang yang menderita efek jangka panjang virus corona tersebut juga mengeluh kelelahan dan kelemahan otot. Sementara beberapa gejala covid-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman serta perasa.

Menurut penelitian The Lancet, 63 persen individu yang mengambil bagian dalam eksperimen paling sering melaporkan gejala kelelahan dan nyeri otot, disertai kecemasan, depresi, nyeri, serta kesulitan tidur.

Sementara orang yang menderita covid-19 parah dilaporkan mengalami masalah pernapasan yang berkepanjangan, dan beberapa kerusakan pada ginjal.

Para ilmuwan dan profesional medis pun telah berusaha tanpa henti untuk menemukan kemungkinan alasan di balik mengapa orang mengalami efek lanjutan covid-19 beberapa bulan setelah pulih.

Baca juga: Psikolog: Hadir hingga Ikhlas Hal yang Perlu Diberikan ke Pasien Covid-19 

Menurut beberapa ahli, mungkin ada banyak faktor yang menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang tersebut. Dari komplikasi medis yang parah pada awal infeksi hingga saat isolasi mandiri.

Covid-19 juga dapat berubah dari menyebabkan kerusakan organ yang serius sampai memicu kebingungan dan disorientasi mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini