Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kesehatan Kulit, Wajib Konsumsi 11 Makanan Bernutrisi Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 620 2352369 jaga-kesehatan-kulit-wajib-konsumsi-11-makanan-bernutrisi-ini-8PW38ETurT.jpg Ilustrasi makanan sehat untuk jaga kesehatan kulit. (Foto: Pvproductions/Freepik)

KESEHATAN kulit merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Pasalnya dengan memiliki kulit sehat, maka akan memberi pengaruh positif ke organ tubuh lainnya.

Namun di masa pandemi covid-19 ini, sejumlah orang mengeluhkan adanya masalah kesehatan kulit. Salah satunya karena kehidupan normal baru mengubah gaya hidup banyak orang.

Baca juga: Selain Rawat Kesehatan Mata, Ini Fungsi Retinoid untuk Atasi Masalah Kulit 

Bersantai di rumah dengan pekerjaan yang menumpuk, ditambah dengan stres yang terus meningkat, pada akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kulit. Sehingga, waktu makan dan jam tidur tidak teratur.

Tidak jarang pula dari mereka lebih sering mengonsumsi junk food di masa pandemi ini. Padahal jika mengonsumsi junk food secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kulit, di antaranya kusam dan kering.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda mendapatkan kembali kulit yang sehat dan bercahaya, bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat. Apa saja? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir NDTV.

Tomat.

1. Tomat

Tomat dipercaya dapat menghidupkan kembali kilau pada kulit kusam dan sebagai obat untuk sengatan matahari. Anda juga bisa menambahkan ke jus atau dimakan seperti dalam salad untuk memperbaiki kerusakan kulit. Tomat mengandung likopen yang juga digunakan untuk pembersih wajah.

2. Jeruk

Mengandung vitamin C yang melimpah, jeruk membantu membersihkan kulit dari noda dan membuat kulit Anda sehat. Selain melindungi dari kerusakan berbahaya dan sengatan matahari, asupan jeruk secara teratur juga dapat membantu penundaan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Berries

Mulai dari stroberi, blueberry, hingga raspberry, semua buah beri mengandung antioksidan dan membantu mempertahankan tekstur kulit serta menjaga kulit tetap kencang.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Serum Kulit Wajah, Atasi Kerutan hingga Jerawat 

4. Wortel

Dikemas dengan beta karoten, lutein, dan likopen yang mencegah degenerasi sel dan memberikan cahaya bercahaya pada kulit, wortel juga memiliki vitamin C dalam jumlah besar. Ini mendorong pertumbuhan kolagen, mengurangi jerawat, dan bintik hitam. Anda cukup mengirisnya dan campurkan dengan salad.

5. Lemon

Vitamin C, B, dan fosfor pada lemon dapat membantu mencerahkan kulit Anda. Asam alami lemon mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan mencerahkan bintik-bintik penuaan. Campurkan satu sendok teh lemon dengan segelas air dan mengonsumsinya dua kali setiap hari.

6. Yogurt

Kandungan asam laktat yang kaya, zinc, dan vitamin B serta antioksidan dalam yogurt mampu mengatasi masalah kulit.

Yogurt

7. Delima

Dikenal memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan hemoglobin, delima juga membantu dalam anti-penuaan dan mengobati kerusakan kulit yang terpapar sinar matahari.

Baca juga: 8 Tips Kulit Tetap Terjaga, meskipun Sering Cuci Tangan 

8. Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Salmon juga memiliki mineral call selenium yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Daging ikan salmon

9. Bayam

Sarat dengan mineral dan vitamin pada bayam dipercaya dapat membantu meminimalkan noda pada kulit. Antioksidan yang terkandung dalam bayam akan membantu Anda mendapatkan kulit mulus dengan melawan tanda-tanda awal penuaan.

10. Labu

Labu kaya dengan antioksidan, vitamin (A dan C), mineral, dan seng yang sangat penting dalam pembentukan sel kulit baru. Ini juga membantu mengatur produksi minyak, memperbaiki warna kulit, dan mengurangi munculnya pori-pori terbuka. Cukup makan segenggam biji labu di pagi hari untuk mencerahkan kulit Anda.

Baca juga: 4 Manfaat Ajaib Buah Naga untuk Kulit 

11. Brokoli

Brokoli mengandung asam pantotenat yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, brokoli kaya vitamin C yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Anda bisa menambahkannya dalam salad atau kukus dengan sedikit garam.

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini