Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Asupan Kaya Vitamin A yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 620 2352388 9-asupan-kaya-vitamin-a-yang-baik-untuk-ibu-hamil-dan-janin-bLdaz0bdk9.jpg Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Unsplash)

VITAMIN A merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkkan ibu hamil dan janinnya. Vitamin A sangat penting bagi ibu hamil dan pertumbuhan bayi. Fungsinya sama seperti asam folat, vitamin E, dan kolin.

Menurut sebuah penelitian, vitamin A penting untuk perkembangan fungsional, morfologi dan mata, bersama dengan efek sistemik pada kerangka dan organ janin.

Baca juga: Waspadai Dampak Anemia pada Ibu Hamil dan Remaja 

Vitamin A bisa sebagai penguatan sistem kekebalan tubuh, perkembangan tulang, peningkatan fungsi organ reproduksi, perkembangan gigi dan rambut normal, serta perlindungan kulit dan mukosa. Secara keseluruhan, vitamin A membantu perkembangan embrio dan menjaga kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini kumpulan makanan yang mengandung vitamin A dan baik dikonsumsi ibu hamil, seperti dilansir Boldsky.

1. Susu

Susu merupakan sumber vitamin A hewani yang kaya akan gizinya. Susu juga kaya nutrisi lain, seperti kalsium dan vitamin D. Susu membantu perkembangan tulang dan gigi pada bayi.

Ikan cod. (Foto: Boldsky)

2. Hati ikan cod

Hati ikan cod adalah sumber vitamin A dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini dapat mencegah penyakit mata, seperti rabun senja pada ibu dan janin. Selain itu, hati ikan cod juga membantu perkembangan penglihatan pada bayi.

3. Wortel

Dalam sumber nabati, vitamin A dikemas dalam bentuk karotenoid (beta-karoten), sejenis pigmen yang memberikan warna pada buah dan sayuran. Sementara itu, vitamin A akan diubah menjadi retinol selama proses pencernaan, dan berbentuk vitamin A. Wortel kaya akan beta-karoten yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca juga: Cerita Dokter Hamil Disuntik Vaksin Covid-19 

4. Keju

Keju adalah produk hewani lain yang kaya akan vitamin A1 atau dikenal sebagai retinol. Varietas keju berbeda, seperti keju biru, keju krim, keju feta, dan keju kambing, mereka mengandung jumlah nutrisi yang berbeda. Keju yang terbuat dari 100 persen hewan yang diberi makan rumput mengandung vitamin A.

5. Kuning telur

Kuning telur kaya vitamin A dan nutrisi lain, seperti asam lemak omega-3, folat, vitamin D, dan vitamin B12. Ini membantu dalam perkembangan otak bayi dan juga menyeimbangkan kadar kolesterol pada ibu.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Kata Peneliti 

6. Labu

Labu adalah sumber vitamin A yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan mata janin. Selain itu, antioksidan dari sayuran ini membantu mengendalikan kadar gula ibu dan mencegah komplikasi kehamilan akibat stres oksidatif.

Minyak ikan.

7. Minyak ikan

Tidak hanya minyak hati ikan cod yang tinggi vitamin A, tetapi minyak ikan yang diekstrak dari ikan, seperti sarden dan menhaden juga kaya akan nutrisi ini. Sebuah penelitian mengatakan, minyak ikan dapat mencegah risiko retinitis pigmentosa, kelainan genetik pada mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan pada anak-anak.

8. Yogurt

Yoghurt kaya akan vitamin, seperti vitamin A dan probiotik. Ini membantu mencegah risiko gangguan muskuloskeletal dan kognitif pada janin dan juga memberikan gizi bagi sang ibu.

Baca juga: Ini 4 Alas Kaki yang Cocok untuk Ibu Hamil, Pastinya Aman dan Nyaman 

9. Jagung kuning

Jagung kaya akan karotenoid provitamin A. Ini meredakan sembelit kehamilan, menurunkan risiko cacat neonatal, seperti Spina Bifida dan membantu perkembangan mata bayi yang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini