Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Kafein Tingkatkan Kinerja Tubuh saat Olahraga?

Hantoro, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 620 2360114 benarkah-kafein-tingkatkan-kinerja-tubuh-saat-olahraga-6nLSOiTfsg.jpg Ilustrasi minuman kafein. (Foto: Valeria Aksakova/Freepik)
A A A

APAKAH benar kafein bisa meningkatkan kinerja tubuh ketika olahraga? Jawabannya ternyata benar. Kafein kopi ternyata dapat membantu aktivitas fisik seperti olahraga menjadi lebih baik, tapi tergantung pada siapa dan jenis olahraga yang dilakukan.

Seperti dikutip dari Mentalfloss, peneliti Jack Hartley dari Vanderbilt Psychology Department mengungkapkan tiga manfaat kafein bagi atlet.

Baca juga: 6 Hal Penting Sebelum Olahraga untuk Mendapatkan Hasil OptimalĀ 

1. Kafein meningkatkan daya tahan tubuh atlet

Jack Hartley mengutip sebuah studi pada 1998 yang diteliti oleh TE Graham. Studi tersebut menemukan fakta bahwa pelari jarak jauh yang meminum pil kafein satu jam sebelum olahraga mampu berlari lebih dari 7,5 hingga 10 menit pada 85 persen konsumsi O2 maksimum.

Menurut Jack Hartley, kopi dapat membantu meningkatkan stamina karena kafein memaksa tubuh membakar lebih banyak lemak dan sedikit karbohidrat.

Penelitian lain menemukan hal serupa ketika pengendara sepeda dapat menghasilkan tenaga 3,5 persen lebih banyak sejauh 24 mil perjalanan.

Gerakan olahraga plank. (Foto: Keifit/Pixabay)

2. Kafein meningkatkan fokus dan reaksi atlet

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan fokus pikiran. Penelitian telah menemukan asupan kafein dapat memberikan kemampuan konsentrasi selama 1 hingga 3 jam. Ini juga termasuk berpikir dan reaksi cepat yang berguna pada olahraga baseball atau tenis.

Baca juga: Catat, Ini 5 Olahraga yang Baik untuk Penderita DiabetesĀ 

3. Kafein berguna bagi kontraksi otot atlet

Beberapa tes menunjukkan kafein dapat memperkuat kontraksi otot. Jadi bagi atlet angkat berat, kafein mungkin dapat memberikan sedikit dorongan. Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein untuk olahraga atletik karena memiliki dampak kesehatan seperti kurang tidur, mual, gelisah, hingga sakit kepala.

Tapi, menurut Jack Hartley, risiko itu bisa diminimalisasi dengan memerhatikan batasan konsumsi. Dia mengatakan waktu ideal untuk mengonsumsi kafein adalah 2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Kafein butuh waktu beberapa jam untuk masuk ke tubuh dan memanfaatkan penggunaan lemak.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini