Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kamu Bisa Lho Harum Meski Tanpa Parfum, Simak Caranya

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 620 2374238 kamu-bisa-lho-harum-meski-tanpa-parfum-simak-caranya-nlgmGqJnPH.jpg Ilustrasi tampil harum tanpa parfum. (Foto: Halayalex/Freepik)
A A A

TERNYATA kamu bisa tetap harum meskipun tidak menggunakan parfum atau minyak wangi. Ini tentu jadi solusi yang sangat diinginkan setiap orang bisa segar sepanjang hari tanpa perlu selalu menyemprotkan parfum ke tubuh.

Menurut para ahli, setidaknya ada empat cara supaya bisa tetap harum tanpa parfum. Apa saja cara tersebut? Berikut daftarnya, seperti dijelaskan laman Instyle.

Baca juga: Suka Pakai Minyak Wangi Sebelum Tidur? Ternyata Ini Manfaatnya 

1. Rutin pakai deodoran

Tahukah kamu, sebetulnya keringat tidak berbau lho. Hal yang membuat baunya tidak sedap adalah kondisi yang disebut dengan bromhidrosis, yakni ketika keringat bertemu bakteri di kulit.

Dokter Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology menerangkan bahwa selain menjaga kebersihan tubuh, menggunakan deodoran juga membantu mengurangi level aroma.

Menurut dia, level keringat manusia biasanya lebih rendah di malam hari, direkomendasika deodoran dipakai sesaat sebelum kamu memulai hari.

Ilustrasi parfum. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Baca juga: Tetap Maskulin dan Wangi, Berikut 5 Pilihan Parfum untuk Pria 

2. Mandi teratur

Tidak hanya bersih, mandi secara teratur juga membantu mengurangi bau badan tak sedap akibat tumpukan kotoran dan minyak alami (sebum) di tubuh yang memengaruhi bau badan.

"Tingkat minyak yang tinggi dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh di kulit. Saat mikroorganisme terurai minyak, mungkin mengeluarkan bau yang tidak sedap. Lebih jarang mandi berarti kotoran, minyak, dan keringat dapat menumpuk di kulit," terang dr Zeichner dari Mount Sinai Hospital, New York.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Hati-hati memilih sabun

Menurut dr Jennifer MacGregor, mikrobioma adalah media lingkungan yang ramah di kulit. Inilah mengapa semua orang wajib berhati-hati dalam memilih sabun agar bakteri baik tidak terbunuh.

Ia menyarankan menghindari sabun atau pembersih topikal antibiotik khusus untuk mengurangi bakteri, karena bisa menyebabkan resistensi pada jenis lain dan mengacaukan mikrobioma kulit.

Baca juga: Deretan Parfum Mewah yang Bakal Jadi Tren di 2021 

4. Teliti diet

Pola diet yang dijalani berkontribusi besar dalam sebagian besar fungsi tubuh manusia. Dokter Zeichner menyebutkan agar tubuh tidak mengeluarkan aroma kurang sedap, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

"Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan kaya karbohidrat dapat menyebabkan bau keringat yang tidak sedap. Sedangkan daging, telur, dan tahu terkait ddengan bau keringat yang lebih menyenangkan," kata dr Zeichner.

Sebagai tambahan, sayuran seperti kembang kol, brussel sprouts, dan brokoli bisa menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh dan juga bau mulut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini