Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Alami Obati Rambut Rontok, Salah Satunya Pakai Bawang

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 620 2375513 4-cara-alami-obati-rambut-rontok-salah-satunya-pakai-bawang-LK0lW7bxUo.jpg Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Slavoljubovski/Pixabay)

RAMBUT rontok bisa membuat kepercayaan diri hilang. Penyebab dari kerontokan rambut bisa dari berbagai hal, di antaranya faktor usia, makanan, hingga pola hidup.

Sebelum terlambat, penderita rambut rontok bisa mengobatinya dengan cara alami berikut ini. Apa saja cara tersebut? Berikut daftarnya, seperti dikutip dari laman Bollywood Shaadis, Kamis (10/3/2021).

Baca juga: Studi: Sebagian Pasien Covid-19 Mengalami Rambut Rontok 

1. Gel lidah buaya (aloevera)

Lidah buaya bukan hanya bagus untuk kulit, tapi juga memiliki khasiat luar biasa yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya hanya perlu mengupas lidah buaya, lalu ambil gelnya. Setelah itu oleskan ke kulit kepala, biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci rambut dengan air bersih. Rambut akan terasa lebat, lembut, dan berkilau.

Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Sheknows)

2. Bawang bombai

Dari semua bahan alami untuk melawan rambut rontok, bawang bombai adalah bahan terbaik. Campurkan beberapa bawang bombai yang sudah dikupas ke dalam blender, saring pastanya untuk mengeluarkan airnya. Kemudian oleskan jus ini langsung ke kulit kepala menggunakan bola kapas. Biarkan 15 sampai 20 menit dan bilas dengan air. Jika tidak tahan dengan aromanya, maka bisa membilasnya memakai sampo.

3. Minyak terapi

Cara termudah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yaitu dengan meningkatkan aliran darah dan sirkulasi di kulit kepala. Nah, Anda bisa memijatnya secara perlahan dengan menggunakan minyak terapi. Pijatlah kepala sekira dua kali seminggu. Pijat dengan minyak zaitun atau kelapa dan biarkan selama satu jam. Lalu cuci bersih.

Baca juga: Hair Fall dan Hair Loss Berbeda Lho, Ini Penjelasannya  

4. Minyak zaitun, jintan, dan madu

Ambil satu cangkir minyak zaitun dan tambahkan satu sendok teh biji jintan ke dalamnya. Lalu sisihkan sekira 4 sampai 5 jam. Setelah itu saring minyaknya dan tambahkan madu ke dalamnya. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 30 menit, setelah itu basuh rambut dengan air biasa dan sampo ringan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini