Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Singgah ke Kampung Batik Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 620 2398680 liburan-ke-yogyakarta-jangan-lupa-singgah-ke-kampung-batik-ini-j6G0WoGKGN.jpg Belajar membatik. (Foto: Instagram budipribadi)
A A A

YOGYAKARTA punya banyak kampung batik yang populer. Seperti di wilayah Gedangsari Gunungkidul dan Pandak Bantul.

Dua kampung tersebut menjadi Rintisan Desa Wisata Budaya di DIY sejak 2007. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta diarahkan untuk berkunjung ke kampung batik ini.

Walau kebanyakan bermata pencaharian sebagai pembatik, masyarakatnya hidup rukun. Wisatawan yang berkunjung kesini juga bisa mengenal lebih dekat tentang batik sambil bercengkrama.

Baca Juga: Bangganya Ahok Geopark Belitung Diakui UNESCO, Sampai Posting Foto di Instagram

Sebabnya, masyarakat selalu berupaya untuk menanamkan cinta seni batik. Tak hanya dewasa, tapi juga pada anak sekolah.

 batik

(Foto: Instagram daningnursilasari)

Pemerintah Daerah bahkan menjadikan pelesradijadikan sebagai Mata Pelajaran Mulok (Muatan Lokal). Ada beberapa batik karya para siswa, yang memberikan nilai cerita di balik motifnya.

Pengembangan batik oleh para siswa menjadi penting dan strategis dalam upaya pelestarian budaya ataupun kearifan lokal, dalam hal menyiapkan generasi muda sebagai bagian regenerasi pembatik di daerah Gunungkidul dan Bantul, Yogyakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan ada Komunitas Pembatik Cilik yang diperkenalkan kepada wisatawan. Sungguh menyenangkan dan menjadi destinasi yang pas bila mengajak si kecil berkunjung ke kampung batik ini.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Herawati Prasetyo, senang melihat kerukunan masyarakat di sini. Apalagi buat generasi muda yang sudah belajar mengenal batik sejak dini.

 anne

Herawati bahkan menggandeng Fashion Desainer Anne Avantie untuk mengenal batik lebih jauh. Kesohorannya tidak saja di negeri ini, bahkan sudah dikenal di tingkat international melalui masterpiece karya busananya.

"Kiranya Bunda Anne dapat memberikan wawasan dan contoh kepada kita semua bahkan menginsiprasi bagaimana kaum perempuan masa kini, khususnya pada generasi muda."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini