Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Lebaran, Pengawasan Tempat Wisata dan Masuknya WNA Diperketat

Antara, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 620 2409063 jelang-lebaran-pengawasan-tempat-wisata-dan-masuknya-wna-diperketat-GEv68m35TA.jpg Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Antara/Anis)

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memperketat pengawasan mobilitas serta kerumunan masyarakat yang cenderung terjadi di sejumlah tempat wisata menjelang Lebaran 2021 atau Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden, diputuskan bahwa untuk tempat pariwisata akan tutup untuk yang berlokasi di zona merah dan zona oranye," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Baca juga:  5 Air Terjun Indah di Nganjuk, Wisata Andalan Bupati Novi Rahman Hidayat

Bagi tempat pariwisata yang berlokasi di zona kuning dan hijau, kata dia, maka dapat beroperasi dengan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

Hal itu, katanya, bentuk komitmen pemerintah untuk mampu mengambil keputusan yang tepat bagi banyak pihak, yaitu COVID-19 terkendali dan ekonomi pulih.

“Bagi pengelola lokasi pariwisata yang berada di zona kuning dan hijau juga harus berkoordinasi dengan satgas di daerah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan oleh pengunjung,” kata dia.

 

Wiku menambahkan penerbangan pesawat sewa pun ikut berhenti beroperasi sementara waktu, selama pelarangan mudik.

"Demi mencegah importasi kasus pun, para pekerja asing diimbau untuk menunda kepulangannya," katanya.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata Indah Kalalo si Duta Pariwisata Klungkung

Satgas Penanganan COVID-19 meminta petugas lapangan yang berjaga di pintu-pintu masuk wilayah Indonesia untuk memperketat pengawasan terhadap kedatangan WNA sesuai dengan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 8 Tahun 2021.

Petugas juga harus memastikan WNA yang masuk Indonesia mematuhi seluruh protokol kesehatan yang diatur di dalam surat edaran tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini