Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Rekomendasi Profesi Dokter agar Kasus Covid-19 Cepat Terkendali

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 620 2427187 5-rekomendasi-profesi-dokter-agar-kasus-covid-19-cepat-terkendali-OxUgEOiyZB.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

KASUS Covid-19 di Indonesia meningkat tajam. Berdasar data kasus harian dari Satgas Covid-19 per 17 Juni 2021, ada penambahan kasus sebanyak 12.624 sehingga total akumulasi positif Covid-19 ialah 1.950.276 kasus.

Jika dibandingkan dengan kasus pada 15 Mei 2021 dengan kenaikan per harinya 2.385 kasus Covid-19, artinya dalam waktu sebulan, kenaikan kasus sebesar 500 persen. Begitu juga dengan kasus kematian yang terus bertambah setiap harinya.

Ketersediaan kasur di rumah sakit pun di beberapa daerah melaporkan 'krisis'. Artinya, semakin tipis kemungkinan pasien Covid-19 baru mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Data DKI Jakarta saja memperlihatkan bed occupation rate (BOR) untuk ruang isolasi dan ICU sudah hampir penuh.

covid-19

Data sampai tanggal 17 Juni 2021 tercatat sekitar 8000 tempat tidur isolasi yang tersedia, sudah terisi 84 persen dan ruang ICU sudah terisi 74 persen. Sistem Kesehatan Indonesia dapat 'collaps' jika pihak yang berwenang dan terlibat tidak segera melakukan upaya‐upaya maksimal untuk penanganan Covid‐19 ini.

Baca Juga : Lonjakan Kasus Covid-19 Bisa Ditekan dengan PPKM Mikro Lockdown

Oleh karena itu, perhimpunan dokter‐dokter spesialis yang terdiri dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), mendorong dan merekomendasikan:

1. Agar pemerintah pusat memberlakukan PPKM secara menyeluruh dan serentak di Pulau Jawa;

2. Agar pemerintah atau pihak yang berwenang memastikan implementasi serta penerapan PPKM yang maksimal;

3. Agar pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan percepatan dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar;

4. Agar semua pihak lebih waspada terhadap varian baru Covid-19 yang lebih mudah menyebar, mungkin lebih memperberat gejala, mungkin lebih meningkatkan kematian, dan mungkin menghilangkan efek vaksin;

5. Agar masyarakat selalu dan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak bepergian jika tidak mendesak, menjaga kesehatan, dan menjalankan protokol kesehatan lainnya.

"Mari kita sama-sama menderita dan bersama-sama berusaha sangat keras dan sangat maksimal dalam waktu yang singkat untuk kemudian bersama-sama terbebas dari penderitaan ini untuk waktu yang panjang," ungkap dr Erlina Burhan, dokter spesialis paru, dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/6/2021).

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini