Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telemedicine Diterapkan di Jakarta, Apa Kelebihannya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 620 2435787 telemedicine-diterapkan-di-jakarta-apa-kelebihannya-H5d3O9sL8m.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)
A A A

LAYANAN Telemedicine mulai diterapkan di Provinsi DKI Jakarta. Telemedicine merupakan layanan digital yang mempermudah seseorang mendapatkan akses perawatan kesehatan tanpa tatap muka secara langsung.

Di tengah melonjaknya kasus Covid-19, masyarakat yang terinfeksi Covid-19 tapi tak bergejala atau OTG, diimbau melakukan isolasi mandiri di rumah. Upaya ini untuk mencegah menumpuknya pasien Covid-19 di rumah sakit.

Telemedicine

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin telah meminta jajarannya memastikan agar layanan ke masyarakat berjalan dengan baik. Khususnya pada masyarakat yang dinyatakan positif namun bergejala ringan bahkan tidak bergejala untuk tetap mendapatkan penanganan secara cepat dan mudah.

“Bila ada teman kita yang positif, kita lihat kondisi saturasi masih 95 persen ke atas, tidak sesak dan tidak komorbid lebih baik diisolasi mandiri di rumah. Untuk menghindari viral load yang tinggi dan tekanan mental di rumah sakit. Jika saturasi di bawah 95 persen dan memiliki komorbid itu harus di bawa ke rumah sakit. Layanan telemedicine gratis ini akan dicoba pada Selasa 6 Juli 2021 dan akan dimulai di DKI Jakarta,” jelasnya kemarin.

Infografis

Hal ini ditegaskan pula oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menjelaskan, orang yang boleh masuk rumah sakit ditentukan berdasarkan kondisi keparahan. Oleh sebab itu, pemerintah telah membangun telemedicine dengan bekerjasama dengan beberapa belas platform dan akan mulai bekerja untuk mengurangi tekanan rumah sakit.

“Rumah sakit hanya untuk orang yang kritis, sementara ringan dan OTG melalui telemedicine. Obat juga akan disediakan dan oksigen juga sudah disediakan tempat jualnya, jika masyarakat ingin punya di rumah,” terang Menko Luhut yang sekaligus ditunjuk Kordinator PPKM Darurat Jawa-Bali.

Sebagai langkah mengurangi penyebaran Covid-19 di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, telemedicine tentu punya kelebihan. Kelebihan telemedicine di antaranya :

- Mudah diakses buat kamu yang lagi isoman, tidak perlu keluar rumah atau bepergian

- Hemat biaya, tanpa mengurangi kualitas konsultasi

- Menjangkau siapapun yang jauh dari pusat kesehatan

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini