Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pintu Masuk via Probolinggo Dibuka, Ini 5 Spot Wisata di Gunung Bromo yang Bisa Dikunjungi

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 620 2468949 pintu-masuk-via-probolinggo-dibuka-ini-5-spot-wisata-di-gunung-bromo-yang-bisa-dikunjungi-G9xhbn9lzB.jpg Gunung Bromo (Okezone.com/Avirista)
A A A

BALAI Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) membuka operasional pintu masuk kawasan wisata Bromo melalui Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ada lima spot wisata yang dibuka untuk wisatawan di kawasan Gunung Bromo.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka, Begini Aturan untuk Pengunjung

"Objek dan daya tarik wisata alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo, dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen," kata Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani, Kamis (9/9/2021).

Pembukaan wisata Gunung Bromo dari pintu masuk Probolinggo sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor PG.27/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021 tentang Pembukaan Objek Wisata dan Daya Tarik Alam di Kawasan TNBTS Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

"Pembukaan pintu masuk Kabupaten Probolinggo sesuai dengan instruksi Bupati Probolinggo terkait penerapan PPKM," tuturnya.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Dibuka Hanya Lewat Satu Pintu, Ini Alasannya

Disebutkan Novita, kawasan TNBTS selama ini memiliki empat pintu masuk yakni di Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Probolinggo. Dari empat pintu masuk tersebut, dua pintu masuk sudah dibuka lantaran kedua wilayah masuk PPKM level 2.

Tercatat berdasarkan SE yang dikeluarkan BB-TNTBS, ada lima titik spot wisata di Bromo yang diperbolehkan untuk dikunjungi para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Follow Berita Okezone di Google News

Lima titik tersebut adalah View Poin Penanjakan dengan kapasitas 222 orang, Bukit Kedaluh 107 orang, Bukit Cinta 31 orang, Mentigen 55 orang, dan Savana Teletubbies untuk 319 orang wisatawan. Secara keseluruhan, wisata Bromo dibuka dengan kapasitas 734 orang.

Para wisatawan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 secara ketat pada saat berada di kawasan taman nasional. Tiket kunjungan ke kawasan Bromo, bisa diakses pada https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Ilustrasi

Sebagai informasi, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditutup sejak 3 Juli 2021, pada saat pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dalam upaya untuk menekan penyebaran virus Corona.

Pada Senin 6 September 2021, Balai Besar TNBTS mulai pembukaan kawasan wisata Bromo Tengger Semeru melalui pintu masuk Kabupaten Pasuruan. Pembukaan tersebut disesuaikan dengan status penerapan PPKM di masing-masing wilayah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini