Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Ma'ruf Amin: 5 Kabupaten Prioritas Dapat Tambahan Anggaran

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 620 2478855 entaskan-kemiskinan-ekstrem-ma-ruf-amin-5-kabupaten-prioritas-dapat-tambahan-anggaran-rZBFszMGRV.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak ke Provinsi Jawa Barat untuk melakukan kunjungan kerja. Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke tujuh provinsi prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem 2021.

Pada kunjungan itu Ma'ruf memimpin rapat kerja bersama Gubernur Jawa Barat beserta lima bupati daerah prioritas penanganan kemiskinan ekstrem. Di antaranya Bupati Cianjur, Bupati Bandung, Bupati Kuningan, Bupati Indramayu, dan Bupati Karawang.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Bandung, Wapres: Ancaman Covid-19 Belum Berakhir

Maruf mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat penanganan kemiskinan ekstrem. Salah satunya dengan menambah alokasi anggaran yang secara khusus diprioritaskan pada lima kabupaten yang telah ditetapkan tahun ini.

"Tambahan alokasi pendanaan untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui bantuan sosial tunai dalam kerangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebagai respon terhadap dampak pandemi covid-19 tersebut, akan diberikan kepada lima kabupaten prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem di Provinsi Jawa Barat selama tiga bulan hingga akhir 2021," katanya dikutip dari pers rilis Setwapres, (29/9/2021).

Dia mengatakan, untuk dapat menjangkau sasaran yang tepat diperlukan pemutakhiran data kelompok penerima manfaat (KPM) bantuan sosial tunai tersebut.

Seperti diketahui, jumlah total penduduk miskin ekstrem di lima kabupaten tersebut mencapai 460.327 jiwa. Di mana, total jumlah rumah tangga miskin ekstrem sebanyak 107.560 rumah tangga.

Jumlah tersebut terdiri dari Kabupaten Cianjur dengan tingkat kemiskinan ekstrem 4% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 90.480 jiwa. Kabupaten Bandung dengan tingkat kemiskinan ekstrem 2,46% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 93.480 jiwa.

Baca Juga: Antisipasi Varian Baru, Wapres: Jangan Kecolongan Lagi!

Kabupaten Kuningan dengan tingkat kemiskinan ekstrem 6,36% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 69.090 jiwa. Kabupaten Indramayu dengan tingkat kemiskinan ekstrem 6,15% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 106.690 jiwa. Kabupaten Karawang dengan tingkat kemiskinan ekstrem 4,51% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 106.780 jiwa.

Secara khusus, Ma'ruf meminta Gubernur Jawa Barat dan para bupati untuk segera memastikan data dan informasi kelompok penerima manfaat yang akan menerima tambahan bantuan sosial tunai dimaksud.

"Sehingga upaya kita untuk dapat membantu percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem tahun 2021 di lima kabupaten prioritas tersebut bisa diwujudkan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini