Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hebat Landa Gudang Kimia, Terdengar Ledakan 3 Kali

Antara, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 620 2484066 kebakaran-hebat-landa-gudang-kimia-terdengar-ledakan-3-kali-TieLhU7uF1.jpg Gudang kimia terbakar/ antara
A A A

PADANG -Kebakaran hebat melanda sebuah rumah yang difungsikan sebagai gudang bahan kimia di Jalan Medan, Siteba, Kecamatan Nanggalo, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

(Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran Gedung Farmasi RSAL Mintohardjo)

Api dengan cepat membesar karena di dalam gudang terdapat sejumlah barang mudah terbakar termasuk barang mengandung bahan kimia seperti tiner, hand sanitizer dan lainnya.

"Api dengan cepat membesar karena di dalam bangunan terdapat bahan mudah terbakar, termasuk cairan mengandung bahan kimia," kata Kepala Bidang Operasional dan Sarana Prasarana Dinas Damkar Kota Padang Basril di Padang, Sabtu (10/10/2021) malam.

(Baca juga: Kebakaran Gedung Farmasi RSAL Mintohardjo Padam)

Menurutnya, dalam peristiwa kebakaran itu warga juga mendengar suara ledakan sekitar tiga kali, disinyalir berasal dari bahan kimia yang terbakar dalam gudang.

Basril mengungkapkan dengan kondisi serta medan yang demikian maka pihak Damkar Padang melakukan pemadaman menggunakan sistem teepol, yakni air dicampur sabun (foam) khusus.

"Jika menggunakan air biasa maka tidak akan padam, karena api masih menyala di atas air sehingga digunakan teepol," jelasnya.

Sekitar dua jam berjibaku di lokasi kejadian yang merupakan tempat usaha itu, akhirnya amukan si "jago merah" bisa dipadamkan, dan tidak merembet ke bangunan lain.

Pasalnya, lokasi kebakaran merupakan kawasan padat penduduk dengan jarak antarrumah yang rapat.

Follow Berita Okezone di Google News

"Beberapa kali kami juga mengimbau masyarakat agar tidak terlalu dekat karena khawatir terkena api, bahkan petugas bekerja ekstra hati-hati," jelasnya.

Sedikitnya Damkar Padang menurunkan 10 kendaraan pemadam kebakaran serta 75 personel ke lokasi dibantu oleh instansi terkait serta warga setempat.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, sedangkan penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini