Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Vaksin Covid-19 dan Influenza Disuntikkan Bersamaan?

Calista Angelina, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 620 2489015 amankah-vaksin-covid-19-dan-influenza-disuntikkan-bersamaan-9TW1r9v9Ac.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

BANYAK orang bertanya-tanya mengenai aman atau tidaknya menerima vaksin flu setelah vaksin Covid-19. Ketika musim flu datang, khususnya di Amerika Serikat mereka biasanya melakukan vaksin untuk flunya. Namun, mayoritas warga AS baru saja akan menjalani vaksin booster Pfizer-BioNTech Covid-19.

Melalui laman situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan bahwa vaksin flu dan vaksin Covid-19 dapat diberikan secara bersamaan karena tidak berdampak negatif terhadap respons kekebalan yang dihasilkan oleh keduanya.

Vaksin Covid-19

Namun, Badan kesehatan menyarankan untuk menyuntikkan vaksin di bagian yang berbeda dengan vaksin flu. Setidaknya 1 inci terpisah untuk membedakan antara reaksi lokal.

“Tentu saja, jika seseorang merasa khawatir kekhawatiran, mereka dapat melakukan kedua vaksin pada waktu yang berbeda," ujar Dr Aaron Glatt, Kepala Divisi Penyakit Menular di Mount Sinai South Nassau yang dikutip dari Foxnews. 

Baca Juga : Vaksin Influenza Terbukti Cegah Efek Parah Covid-19

Menurut Dr. Fred Davis, ketua asosiasi pengobatan darurat di Northwell Health di Long Island, belum ada bukti penelitian bahwa pemberian kedua vaksin bersamaan akan memperbesar potensi efek samping. Hanya saja efek samping yang paling umum dirasakan adalah nyeri pada lengan karena injeksi.

"Saya merasa sedikit lelah, tetapi tidak lebih dari yang saya alami dengan suntikan vaksin COVID kedua," ujar seorang warga AS yang melakukan kedua vaksin di waktu bersamaan.

Tindakan pencegahan flu sama seperti COVID, yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, dan mempraktikkan kebersihan tangan.

Denise Walsh, dekan sekolah profesi kesehatan dan keperawatan dan kepala petugas kesehatan global di Long Island University, menegaskan kembali bahwa vaksinasi bukan berarti Anda tidak akan terjangkit virus.

"Melakukan vaksin flu adalah perlindungan terbaik terhadap flu agar komplikasinya tidak berpotensi serius, sama halnya dengan vaksin Covid-19 juga dilakukan sebagai pencegahan akan efek samping agar tidak terlalu parah,” kata CDC pada halaman situsnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini