Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serahkan 2 Kapal Perang, Menhan: Kita Harus Memiliki TNI AL yang Kuat!

Rizky Maulana, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 620 2492377 serahkan-2-kapal-perang-menhan-kita-harus-memiliki-tni-al-yang-kuat-Gf75QKmZ76.jpg Dua kapal perang baru TNI AL. (Foto: Kemenhan)
A A A

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan dua kapal perang kepada TNI AL pada Selasa (26/10/2021).

Kapal perang ini jenis Angkut Tank AT-8 dan AT-9. Kapal ini merupakan pesanan Kementerian Pertahanan kepada TNI AL Dua kapal itu diproduksi oleh industri pertahanan dalam negeri PT Bandar Abadi (Ship Builders and Dry-Docks).

Dua Kapal Angkut Tank tersebut diberi nama KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527. Prabowo berharap, dua kapal itu mampu memperkuat pertahanan Indonesia, sekaligus memperkuat kemandirian industri pertahanan dalam negeri sesuai arahan Presiden Jokowi.

“Presiden telah menugaskan saya untuk merancang pembangunan kekuatan TNI untuk sekian tahun ke depan. Di antaranya, tekad kita adalah harus memiliki TNI AL yang kuat,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Menhan: Setiap Warga Berhak dan Wajib Pertahankan Keamanan Negara!


Baca juga: Prabowo Bertemu Dirjen WHO Bahas Kerjasama Sipil-Militer Penanganan Kesehatan

Menhan juga menyampaikan selamat bertugas kepada TNI AL termasuk seluruh awak kapal. Dirinya menitip pesan agar selalu menjaga dan merawat kapal yang merupakan aset rakyat itu secara baik.

"Ini adalah hasil dari rakyat. Tolong dijaga aset ini,” tuturnya.

Prabowo pun mengutarakan rasa bangganya terhadap PT Bandar Abadi yang mampu melaksanakan kepercayaan negara dalam pembangunan dua kapal tersebut lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Dimana waktu pengerjaan kapal hanya 25 bulan dari target 30 bulan.

“Ini membuktikan industri pertahanan kita mampu, mandiri, serta matang dalam melaksanakan pekerjaannya,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Penamaan KRI Teluk Weda-526 diambil dari nama sebuah Teluk yang terletak di Halmahera Tengah Kecamatan Weda Tengah Maluku Utara. Wilayah itu terkenal akan keindahan taman bawah lautnya, dengan kehidupan ikan melimpah, salah satunya spesies Hiu Kaki Langka.

Adapun nama KRI Teluk Wondama-527, diambil dari nama Teluk di daerah Kepala Burung Pulau Papua. Daerah itu dianggap sebagai surga terapung lantaran keindahan alamnya, di sebelah Raja Ampat.

Sebagai informasi, dua kapal perang tersebut memiliki panjang keseluruhan 117 M, lebar 16.40 m, tinggi 7.80 m dengan kecepatan maksimum 16 knot, memiliki endurance 20 hari dan diawaki 111 orang kru. Tak hanya itu, keduanya mampu membawa 367 orang pasukan, 15 unit Tank BMP-3F serta satu unit helikopter.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini