Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peran Penting Ibu dalam Tumbuh Kembang dan Masa Depan Anak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 01 November 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 620 2494910 peran-penting-ibu-dalam-tumbuh-kembang-dan-masa-depan-anak-X2INn0jTag.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEORANG ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Riset menunjukkan kebahagiaan ibu mampu memengaruhi pola asuh terhadap anak. Oleh sebab itu menjaga kebahagiaan seorang Ibu merupakan salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini, khususnya selama masa pandemi Covid-19.

Psikolog Klinis Dewasa & Keluarga, Dessy Ilsanti mengatakan kesehatan dan kebahagiaan seorang ibu sangat penting di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran. Oleh sebab itu diperlukan beberapa tips bagi para Ibu untuk mengelola stres, yang berfungsi untuk menjalankan perannya pada proses tumbuh kembang anak.

Ibu dan Anak

“Mulai dari mengelola fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan ada pada masa kini, melakukan self-care, hingga menjaga silaturahmi atau interaksi sosial dalam lingkungan sosial yang dipilih,” terang Dessy, dalam sesi virtual media briefing, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Tumbuh Kembang Anak Tetap Harus Jadi Perhatian Orangtua di Tengah Covid-19

Oleh sebab itu support system menjadi salah satu sumber penguat bagi para ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Bentuk support system terbaik bagi seorang ibu bisa didapatkan melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya.

“Terlebih lagi, dalam menghadapi perubahan di masa pandemi ini, hadirnya sebuah wadah untuk dapat saling berbagi dan saling mendukung antar sesama ibu dalam menyesuaikan perannya di rumah dapat memiliki arti tersendiri bagi para ibu,” jelasnya.

Ibu juga harus bahagia demi masa depan anak

Memiliki peran peran penting terhadap tumbuh kembang anak, bukan berarti seorang ibu tidak perlu bahagia, Justru sebaliknya, kebahagian seorang ibu dapat memengaruhi masa depan anak. 

Dokter Spesialis Anak, dr. Reza Fahlevi, menegaskan seorang ibu yang bahagia dapat menumbuhkan anak yang hebat. Caranya melalui perannya sehari-hari untuk mendukung aktivitas dan pertumbuhannya.

Oleh sebab itu menjaga kebahagiaan seorang Ibu merupakan salah satu kunci sukses bagi masa depan si kecil. Selain itu, ada aspek lain yang tak kalah penting dalam perkembangan anak. 

“Pada anak usia di atas satu tahun merupakan masa golden period. Maka terjadi sekitar 70 hingga 80 persen perkembangan otak anak di usia ini. Untuk mendukung pertumbuhan dan menunjang perkembangan anak dengan baik, pemenuhan nutrisi menjadi salah satu aspek terpenting,” kata dr. Reza dalam sesi virtual media briefing, beberapa waktu lalu.

Anak Makan Sayur

Selain ibu yang selalu bahagia dalam mengasuh anak, asupan nutrisi serta makanan bergizi juga sangat diperlukan. Sebab saluran cerna dan otak anak memiliki fungsi yang sama pentingnya dan terhubung satu dengan lainnya.

“Seringkali dikatakan bahwa pencernaan merupakan otak kedua anak. Hal ini disebabkan karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung, dimana nutrisi menjadi asupan kinerja otak dan juga dapat mempengaruhi perilaku serta suasana hati anak,” tuntasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini