Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Perusahaan hingga Investor Jepang Minat Bangun Smelter di RI

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 620 2499634 6-perusahaan-hingga-investor-jepang-minat-bangun-smelter-di-ri-OAiIX2lWxL.jpg Pertambangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ada 6 perusahaan yang menyatakan berminat untuk menjadi pelaksana proyek pembangunan smelter.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya melakukan penelusuran minat termasuk melakukan one-on-one meeting dari berbagai instansi. Hasilnya, terdapat berbagai perusahaan dan institusi yang telah menyatakan berminat untuk turut serta dalam pembangunan smelter.

Keenam perusahaan tersebut antara lain PT Ceria Nugraha Indotama, PT Laman Mining, PT Macika Mineral Industri, PT Mahkota Konaweha, PT Bintang Smelter Indonesia, dan PT Dinamika Sejahtera Mandiri.

Baca Juga: Susahnya Bangun Smelter di RI, dari Proses Izin hingga Listrik

Selain itu, terdapat juga beberapa calon investor internasional asal Jepang yang telah menyatakan ketertarikan untuk terlibat dalam proyek melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yaitu Sumitomo Metal, Mitsui, dan Toyota Tsusho.

"Dari sekian banyak proposal dan komunikasi yang kami lakukan, terdapat calon investor yang telah menyatakan minatnya untuk terlibat dalam proyek ini dalam BKPM, yaitu Sumitomo Metal, Mitsui, dan Toyota Tsusho," ujar Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (10/11/2021).

Dari sisi sumber pendanaan, Kementerian ESDM juga telah berhasil mengidentifikasi beberapa bank yang berpotensi dan berminat untuk terlibat, antara lain Bank of China dan Japan Bank of International Corporation.

Namun terdapat pula beberapa bank yang menyatakan tidak berencana untuk terlibat, yaitu Asian Development Bank, Asian Infrastructure Investment Bank, World Bank, dan International Finance Corporation.

"Kami juga berharap kiranya bank-bank nasional dapat juga membantu pendanaan untuk kegiatan pembangunan smelter khususnya smelter-smelter yang dibangun dengan kapasitas nasional," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini