Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Masker Respirator KN95 Dipakai Berulang-ulang?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 620 2530465 bolehkah-masker-respirator-kn95-dipakai-berulang-ulang-6PyHH20SPm.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEMAKAI masker memang telah menjadi kewajiban apalagi ketika kita berada di area publik atau yang pada orang. Tapi mengganti masker setiap hari tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu banyak orang memilih untuk memakai masker kain.

Nah, bagi mereka yang biasa memakai masker kain, mungkin akan mencuci dan menggunakannya kembali, sementara untuk pengguna masker bedah, Anda bisa membuangnya ke tempat sampah setelah setiap kali digunakan.

Tapi, para pakar kesehatan merekomendasikan Anda meningkatkan masker wajah mereka dari penutup kain ke perlindungan yang lebih kuat dari masker bedah atau yang dikenal sebagai respirator seperti N95, KN95, atau KF94. Berbeda dengan masker biasa, berurusan dengan respirator sedikit berbeda antara lain Anda tidak bisa mencucinya.

"Respirator berada di antara dua pilihan yakni Anda dapat menggunakannya kembali tanpa mencuci di antara penggunaan, selama Anda menyadari tingkat risiko Anda dan merawat respirator di antara penggunaan dengan tepat," menurut pakar penyakit menular sekaligus direktur medis di Boston Medical Center, Cassandra M. Pierre, seperti dikutip Antara dari Health.

Masker

Dr. Pierre mengatakan, untuk orang yang memakai masker dalam waktu yang lebih singkat atau situasi mereka secara fisik tetap jauh dari orang lain sepanjang hari maka bisa menggunakan respirator yang sama hingga satu minggu.

Tetapi untuk orang-orang yang berada di lingkungan berisiko tinggi seperti fasilitas perawatan kesehatan maka yang terbaik mengganti masker setelah sehari dipakai. Ingatlah, setiap kali Anda menggunakan respirator apalagi jika lebih dari sekali, Anda harus memastikannya masih dalam kondisi baik.

"Kami merekomendasikan setiap kali Anda menggunakan respirator, Anda memastikan tidak ada robekan, celah, atau bukti kotoran di permukaan. Semua hal ini dapat merusak kemampuan penyaringannya," tutur Dr. Pierre.

Ada beberapa cara penting untuk mengetahui apakah respirator Anda telah kehilangan kerapatannya. Pertama dan terpenting, jika mengendur di wajah Anda dan tidak lagi memiliki segel ketat, maka itu harus diganti, menurut pendidik di Johns Hopkins Medicine, Jade Flinn, MSN.

Selain itu, jika masker tampak kotor di bagian dalam karena riasan, keringat, atau kelembapan lainnya, Anda harus segera menggganti dan membuangnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan petugas kesehatan memiliki lima respirator N95 untuk setiap hari dalam seminggu, menyimpannya selama minimal lima hari di antara penggunaan. Tetapi meskipun demikian, CDC merekomendasikan N95 tidak dipakai lebih dari lima kali secara terpisah.

Bagaimana cara membuang masker KN95, N95, atau KF94 dengan benar? Membuang N95 Anda dari respirator lain dimulai dengan persis bagaimana cara menyimpannya yakni dengan menggunakan tangan yang bersih untuk melepaskan respirator dari wajah Anda dan peganglah bagian tali telinga, berhati-hatilah untuk tidak menyentuh bagian depan masker.

Kemudian, buanglah respirator langsung ke tempat sampah. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), masker dan jenis APD lainnya tidak dapat didaur ulang, dan harus dijauhkan dari tempat sampah daur ulang. EPA mengingatkan, Anda harus membuangnya dengan benar sehingga orang lain tidak akan menyentuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini