Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPBD Siagakan Satgas Patroli ke Daerah Rawan Bencana

Antara, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 620 2534047 bpbd-siagakan-satgas-patroli-ke-daerah-rawan-bencana-6fbzEfCB5q.JPG Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)
A A A

MATARAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiagakan puluhan personel dalam satuan tugas (satgas) bencana untuk melakukan patroli ke sejumlah lokasi rawan bencana akibat cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor mengatakan, antisipasi dilakukan melihat intensitas hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir yang terjadi belakangan merata di seluruh wilayah Kota Mataram.

"Setiap hari sekitar 60-70 personel turun melakukan patroli pada sejumlah titik rawan bencana, seperti di pesisir pantai, pinggir kali dan potensi rawan genangan," katanya, Selasa (18/1/2022).

Laporan sementara, katanya, ketinggian air pada sungai yang melintasi Kota Mataram yakni Sungai Jangkuk, Ancar, Berenyok dan Unus masih berada pada permukaan di bawah normal.

"Begitu juga dengan kondisi sempadan pantai masih relatif aman dengan ketinggian gelombang satu meter," katanya.

Nelayan yang akan melaut, telah diimbau agar menyesuaikan dengan melihat kondisi perubahan cuaca.

"Kalau melihat kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, nelayan lebih banyak tidak melaut," katanya.

Mahfuddin juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak cuaca ekstrem, jika tidak ada kepentingan masyarakat sebaiknya di rumah saja," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan informasi BMKG, kondisi cuaca dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai angin dan diprediksi akan berlangsung hingga Februari 2022.

Biasanya, kondisi cuaca dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir akan berakhir setelah berlalu Tahun Baru Cina atau Imlek yang kali ini jatuh pada 1 Februari 2022.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya setelah perayaan Imlek, cuaca bisanya lebih landai," katanya.

Namun demikian, tambahnya, status siaga bencana alam banjir, puting beliung, dan tanah longsor untuk Kota Mataram masih berlangsung hingga 30 April 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini