Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Terinfeksi Covid-19 Terbukti Menurunkan Kesuburan Pria

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 620 2542401 waspada-terinfeksi-covid-19-terbukti-menurunkan-kesuburan-pria-U0S4gk8tRg.jpg Infeksi Covid-19 pengaruhi kesuburan pria (Foto: Timesofindia)

INFEKSI Covid-19 selama ini disebut berdampak pada saluran pernapasan atau paru-paru. Tetapi, ada dampak lain yang jarang diketahui. 

Dampak yang satu ini patut diwaspadai khususnya bagi kalangan pria. Ahli penyakit menular dari Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci mengatakan, infeksi Covid-19 memiliki pengaruh terhadap kesuburan pria

Seperti dikutip Ny Post, Jumat (4/2/2022) dari hasil studi penelitian studi terbaru yang dipublikasikan di American Journal Epidemiology, menunjukkan hasil penyakit infeksi Covid-19 sementara bisa mengurangi kesuburan pria.

Masalah Kesuburan

“Infeksi Covid-19 bersifat temporer mengurangi kesuburan pria,” ujar Dr. Anthony Fauci.

Menurut penelitian, pasangan pria dan wanita ditemukan 18 persen berpeluang lebih kecil untuk bisa hamil, jika sang pria sudah terinfeksi Covid-19 dalam kurun waktu 60 hari program konsepsi.

BACA JUGA : Studi: Vaksin Covid-19 Terbukti Tidak Ganggu Kesuburan Pria dan Wanita!

Lewat penelitian yang memeriksa sebanyak 2126 orang wanita di AS dan Kanada antara Desember 2020 dan September 2021 tersebut (sebelum dan sesudah divaksinasi), ditemukan juga hasil bahwa vaksinasi Covid-19 tidak berdampak apa pun pada kesuburan.

BACA JUGA : 5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria, Makin Greng di Ranjang!

Merujuk hasil studi di atas, Dr. Anthony Fauci juga membantah rumor efek negatif vaksin Covid-19 pada kesuburan pria dan wanita.

“Datanya jelas, vaksinasi Covid-19 pada pasangan pria atau wanita tidak memengaruhi kemungkinan pembuahan,” ujar pria yang merupakan kepala tim penasihan medis Kepresidenan AS tersebut.

Sebelumnya, pada studi penelitian yang diterbitkan Juni 2021 juga memperlihatkan hasil jika pria yang menerima vaksin Covid-19 Pfizer atau Moderna tidak mengalami penurunan dalam jumlah atau kualitas spermanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini