Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga BBM Makin Mahal saatnya Beralih ke Mobil Listrik?

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 620 2561391 harga-bbm-makin-mahal-saatnya-beralih-ke-mobil-listrik-fkyHccKvwm.jpg Harga BBM Makin Mahal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga minyak dunia melonjak berdampak pada kenaikan harga BBM di Indonesia. Hal ini sudah terjadi dengan kenaikan harga BBM non subsidi.

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, di tengah kondisi ekonomi dan harga komoditas global yang yang tidak menentu maka sebaiknya memulai kembali berhemat dalam menggunakan BBM.

"Seiring dengan mulai tumbuhnya roda perekonomian pasca pandemi kemarin di mana mobilitas masyarakat sudah mulai masif dan kebutuhan akan BBM mulai meningkat, tapi di sisi lain harga BBM mengalami lonjakan yang cukup signifikan dan pastinya akan berdampak terhadap beban keuangan maka saya mengimbau agar kita bisa lebih berhemat dalam menggunakan BBM dalam kegiatan sehari-hari. Agar beban keuangan kita bisa berkurang akibat naiknya harga BBM," kata Mamit di Jakarta, Senin (14/3/2022).

 

Baca Juga: Harga Pertalite Tak Naik, Pertamina Diusulkan Dapat Tambahan Dana Kompensasi

Dia menyampaikan, salah satu bentuk untuk melakukan penghematan BBM adalah dengan menggunakan transportasi umum. Apalagi, saat ini transportasi umum sudah berbenah dan mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

"Penggunaan moda transportasi umum merupakan upaya agar kita bisa lebih berhemat dalam menggunakan keuangan kita, apalagi transportasi umum sudah nyaman dalam memberikan pelayanan kepada penggunanya. Kita juga bisa membantu pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca. Ingat, kita mempunyai target mengurangi emisi gas karbondioksida sebesar 29% pada 2030 yang akan datang, " katanya.

Selain itu, sebagai bentuk mengurangi penggunaan BBM, sudah saatnya penggunaaan kendaraan listrik mulai ditingkatan. Hal ini akan memberikan manfaat juga membantu PLN dalam meningkatkan konsumsi listrik yang saat ini sedang berlebih.

"Perlu upaya khusus dari pemerintah agar penggunaan kendaraan listrik ini terus meningkat. Selain infrastruktur, untuk harga dan desain kendaraan listrik harus bisa menyesuaikan dengan karakter dan kondisi jalan di Indonesia. Jika bisa masif, maka ini menjadi salah satu cara dalam meningkatkan konsumsi listrik di masyarakat ditengah suplai listrik yang masih berlebih seperti saat ini," ujarnya.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menggunakan moda transportasi umum, Mamit meyakini akan membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat untuk membeli BBM.

"Saat ini harga BBM RON 92 di SPBU swasta saja, secara keekonomian sudah berada di angka Rp12.900 per liternya. Belum lagi untuk biaya parkir dan juga biaya tol yang harus di keluarkan. Dengan menggunakan moda transportasi umum dan kendaraan listrik, kita bisa berhemat dan juga membantu pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dioksida dalam rangka menjaga udara yang kita hirup bisa lebih bersih dan sehat." kata Mamit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini