Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksin Dosis Ke-4 Ternyata Tak Efektif Pada Anak Muda

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 620 2565108 vaksin-dosis-ke-4-ternyata-tak-efektif-pada-anak-muda-IqhdnSwKBH.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

MUTASI virus Covid-19 memang membuat vaksin Covid-19 tidak efektif. Apalagi, antibodi yang dibentuk oleh vaksin Covid-19 akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kembali antibodi yang turun tersebut ada pemberian vaksin Covid-19 booster. Tapi, seiring berkembangnya varian-varian baru tersebut, apakah diperlukan vaksis dosis keempat?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan dosis keempat vaksin Covid-19 cukup manjur tetapi masih imunogenik dan aman. Penulis penelitian menyatakan, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam respon imun atau dalam tingkat antibodi penetral khusus omicron antara dosis ketiga dan keempat vaksin.

“Hasil studi kami menunjukkan imunogenisitas maksimal vaksin mRNA dicapai setelah tiga dosis dan tingkat antibodi dapat dipulihkan dengan dosis keempat,” kata mereka seperti dikutip Antara dari Medical Daily.

Vaksinasi keempat pada mereka yang berusia muda dan sehat mungkin hanya memiliki manfaat kecil. Para penulis studi mencatat penelitian mereka tidak mengevaluasi individu yang lebih tua dan lebih immunocompromised.

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan awal pekan ini perlindungan vaksin setelah dosis ketiga tidak bertahan lama sehingga suntikan keempat diperlukan. Dia mengklaim telah mengirimkan data ke Badan POM Amerika Serikat (FDA) yang akan membuktikan perlunya dosis keempat.

The Wall Street Journal melaporkan FDA dapat mengizinkan suntikan booster kedua dalam waktu dekat. Dr. Matthew Harris dari Northwell Health mengatakan skenario yang lebih mungkin yakni vaksin Covid-19 akan menjadi bagian dari vaksinasi musiman yang mirip dengan vaksin influenza.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan setiap orang di atas usia 12 tahun mendapatkan dosis ketiga, dan merekomendasikan vaksin dua dosis standar untuk orang berusia 5- 11 tahun.

Di Indonesia sendiri, jika memang diperlukan maka vaksin keempat tersebut akan diberikan pada kelompok yang rentan. Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, rencananya vaksin dosis keempat pertama akan diberikan untuk kelompok tenaga kesehatan (nakes).

Menurutnya, kelompok nakes akan yang pertama mendapatkan vaksin Covid-19 dosis keempat. Meski demikian, Kemenkes pun masih menunggu rekomendasi untuk pemberian vaksin keempat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini