Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Yakin Likupang dan Bangka Jadi Gerbang Wisata Indonesia bagian Utara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 620 2570132 menko-luhut-yakin-likupang-dan-bangka-jadi-gerbang-wisata-indonesia-bagian-utara-ve3NGmnidS.jpg Menko Luhut Bersama Menpar Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan kawasan daerah prioritas di Manado-Likupang dan Bangka Belitung berpotensi menjadi gerbang wisata Indonesia bagian Utara.

“Manado-Likupang dan Bangka Belitung ini berpotensi menjadi gerbang pariwisata Indonesia bagian Utara. Target wisatawan high spender tersebut akan memberikan dampak pendapatan pariwisata yang lebih tinggi,” ungkap Menko Luhut, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: PPLN Bebas Karantina, Sandiaga Uno: Alhamdulillah Tidak Picu Peningkatan Kasus Covid-19

Guna mengoptimalisasikan potensi itu, Luhut mengatakan harus tersedia aksesibilitas yang memadai, amenitas yang memenuhi standar, atraksi yang menarik, serta fasilitas layanan pariwisata lainnya. Dukungan investasi tentu menjadi penting, untuk pembiayaan pengembangan fasilitas tersebut.

Luhut menilai, kedua destinasi itu dapat dikembangkan menjadi destinasi yang berkelanjutan dan bernilai tambah tinggi dengan target wisatawan high spender (minat belanja tinggi) baik nusantara maupun mancanegara.

Baca Juga: Sandiaga Uno Tingkatkan Kualitas SDM untuk Maksimalkan Potensi Desa Wisata

“Rencana induk yang disusun dengan baik mengandung keseluruhan aspek tersebut, beserta rencana pengembangan pariwisata yang terintegrasi antara destinasi, infrastruktur, kelestarian lingkungan, tata ruang wilayah serta potensi investasi,” jelasnya.

Secara khusus terkait investasi, Menko Luhut menjelaskan bahwa Rencana Induk harus mampu memetakan potensi-potensi yang membutuhkan investasi sehingga lebih mudah untuk ditawarkan kepada investor.

Karena itu, dia yakin Rencana Induk yang disusun telah mempertimbangkan aspek-aspek berkelanjutan seperti ekonomi biru, hijau, dan sirkular hingga mendukung inklusivitas.

“Tentu ini akan menjadi nilai tambah pariwisata dan poin promosi investasi. Mari kita wujudkan Manado - Likupang dan Bangka Belitung sebagai destinasi wisata yang inklusif, berdaya saing dan mampu memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan secara berkelanjutan,” tambahnya.

“Saya titip kepada Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk semakin menggaungkan kampanye #BanggaBerwisatadiIndonesiaAja secara lebih masif,” pintanya kepada Menprekraf Sandiga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini