Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres Minta Generasi Muda Tidak Hanya Pengikut!

Binti Mufarida, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 620 2581347 wapres-minta-generasi-muda-tidak-hanya-pengikut-rpC6rgw3bX.jpg Wapres Maaruf Amin. (Foto: Binti M/MPI)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak generasi muda tidak hanya menjadi pengikut. Menurutnya, anak-anak muda harus memacu dirinya menjadi insan yang berdaya, berkontribusi nyata bagi bangsa, bahkan muncul menjadi pemimpin tingkat dunia.

“Tidak sepatutnya kita hanya menjadi pengikut. Terlebih generasi muda, sudah selayaknya semakin memacu semangat untuk menjadi insan-insan yang berdaya, berkontribusi nyata bagi bangsa, bahkan muncul menjadi pemimpin di tingkat dunia,” kata Wapres pada Wisuda Universitas Budi Luhur secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Wapres pun mengingatkan para wisudawan, bahwa perjuangan dan pembelajaran tidak boleh berhenti pada titik ini. Mengingat, beragam tantangan dan perubahan situasi global saat ini, perlu disikapi secara bijaksana.

“Saudara sekalian diharapkan terus mengasah ilmu pengetahuan, keterampilan, dan karakter agar senantiasa responsif terhadap perubahan, serta mampu menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan baru yang berdampak bagi kemaslahatan masyarakat,” tegasnya.

Wapres mengatakan intisari dari inovasi adalah terus melakukan upaya pembaruan dan perbaikan secara berkelanjutan (continuous improvement). “Artinya, kita tentu tidak dapat melakukan sesuatu hal dengan cara yang sama untuk aktivitas tertentu, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda.”

Bangsa Indonesia, tegas Wapres, harus terus membangun inovasi menjadi praktik keseharian, bila ingin menjadi salah satu yang teratas dalam kompetisi global. “Saat ini negara kita masih menduduki peringkat keempat terbawah di Asia Tenggara menurut Global Innovation Index 2021.”

“Oleh karena itu, jadilah insan-insan pembelajar sepanjang hayat. Pembelajar yang terbuka, kreatif, dan solutif dalam menghadapi aneka persoalan, sehingga bukan hanya Saudara sendiri yang akan menuai manfaat, melainkan juga lingkungan dan sesama,” tegasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini