Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi PNS Lewat Sekolah Kedinasan Ini? Buruan Daftar, Begini Caranya

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 620 2589483 mau-jadi-pns-lewat-sekolah-kedinasan-ini-buruan-daftar-begini-caranya-e34vAsJ0tb.jpg Seleksi CPNS melalui Sekolah Kedinasan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2022 untuk jalur pola pembibitan (Polbit) 2022 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta ditutup hari ini pukul 23.59 WIB.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, Capt. A. Arif Priadi menjelaskan, pendaftaran Sipencatar 2022 berdasarkan jadwal yang telah dirilis sebelumnya pendaftaran Sipencatar jalur pola pembibitan 2022 semula akan ditutup pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB diperpanjang sampai dengan 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB.

Perpanjangan ini tertuang dalam Pengumuman Nomor PG 03/BPSDMP-2022 Tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran Sipencatar Jalur Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2022/2023.

Baca Juga: Honorer Dihapus di 2023, Ini Syaratnya Jadi PNS

"Ini merupakan kabar baik bagi seluruh putra/i lulusan SMA sederajat yang ingin bergabung menjadi Taruna/i di lingkungan Kemenhub, khususnya STIP Jakarta dan memberikan tambahan waktu bagi pendaftar untuk melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan dan meresume sebelum 5 Mei 2022. Dan seluruh proses pendaftaran yang dilakukan setelah tanggal 5 Mei 2022 pukl 23.59 WIB dianggap tidak sah,” kata Capt Arif, Kamis (5/5/2022).

Dia juga menambahkan, perpanjangan ini menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi nomor:B/897/M.SM.01.00/2022 tanggal 28 April 2022 perihal Tangapan Terhadap Usulan Perpanjangan Masa Pendaftaran Penerimaan Calon Taruna/i Kementerian Perhubungan di SSCASN BKN.

Baca Juga: 5 Fakta Kecurangan Seleksi CPNS, Tjahjo Kumolo Bilang Ada Oknum Kemenpan RB Terlibat

Capt Arif juga mengingatkan kembali dalam melakukan proses pendaftaran agar memperhatikan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, jadwal, dan alur pendaftaran, peserta juga harus menghindari hal - hal antara lain: mengupload dokumen tidak lengkap, scan ijazah/raport tidak jelas, dokumen tidak sesuai persyaratan, KTP/KK tidak sesuai, dan melakukan proses pembayaran pendaftaran yang tidak sesuai.

"Perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP, seperti STIP Jakarta merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Perhubungan. Jadi setelah lulus, akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.Dan tata cara mendaftar: melalui website https://dikdin.bkn.go.id dan melihat tata cara pendaftaran melalui website https://sipencatar.dephub.go.id,” katanya.

Capt Arif juga mengatakan terkait Penerimaan Sipencatar di STIP Jakarta dengan jalur Polbit membuka tiga program studi yaitu, D - IV Nautika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika (yang telah di approved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut). Lalu ada D-IV Teknika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga (yang telah di approved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut), SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Industri.

"Dan program studi ketiga adalah D-IV adalah Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK), dengan persyaratan SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan KPN, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Managemen Perkatoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi dan Logistik," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini