Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Airlangga: Pengusaha Nahdliyin Motor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 620 2608714 menko-airlangga-pengusaha-nahdliyin-motor-penggerak-ekonomi-kerakyatan-F5K3zkgvHX.jpeg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebut pengusaha NU penggerak ekonomi kerakyatan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengusaha Nahdliyin (Warga NU) memiliki peran sangat strategis untuk menjadi motor penggerak ekonomi nasional maupun di tingkat Global. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hal ini membuat kehadiran para pengusaha asal NU sangat dibutuhkan Indonesia.

"Para pengusaha nahdliyin di seluruh Indonesia memiliki peran yang sangat strategis untuk memanfaatkan potensi tersebut dengan menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan, keuangan syariah, digitalisasi UMKM, dan industri halal melalui berbagai peluang bisnis dan kemitraan di tingkat nasional maupun global. Keberhasilan pengusaha nahdliyin sangat dibutuhkan Indonesia,” kata Airlangga, Rabu (8/06/2022).

Airlangga berharap, HPN tidak hanya sebagai wadah, namun juga menjadi wahana dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha UMKM, pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat, hingga menjadi inkubator bagi lahirnya wirausahawan baru. Pemerintah, kata Airlangga, siap bekerja sama untuk mendukung peningkatan dan pertumbuhan para pengusaha Nahdliyin. Salah satunya melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program KUR telah menjadi pembiayaan “mudah dan murah” serta inklusif bagi pelaku usaha, baik skala ultramikro, mikro, kecil, maupun menengah.

"Pemerintah selalu siap untuk bekerja sama dengan HPN dan diharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan perekonomian umat," katanya.

Airlangga menambahkan, sebagai negara dengan penduduk muslim yang mencapai 87% dan merupakan yang terbesar di dunia, Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah dengan potensi pasar halal domestik maupun global yang sangat besar. Untuk itu, ia berpesan agar HPH mampu meningkatkan kapasitas para anggotanya.

“Pembangunan ekonomi Indonesia sangat ditentukan oleh kualitas pelaku usaha, sehingga kemampuan adaptasi yang cepat, berkarakter, dan berdaya saing tinggi merupakan prasyarat utama yang perlu dimiliki oleh para pengusaha,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Sekretaris Jendral PBNU, Gubernur Kalimantan Timur, Ketua PP Himpunan Pengusaha Nahdliyin, serta para pengusaha Nahdliyin dari berbagai penjuru tanah air.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini