Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Kapal Perintis, Distribusi Lancar hingga Harga Bahan Pokok Lebih Murah

Antara, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 620 2695794 ada-kapal-perintitis-distribusi-lancar-hingga-harga-bahan-pokok-lebih-murah-HVW1R4pzCD.jpg Tol Laut (Foto: Kemenhub)
A A A

JAKARTA - Distribusi bahan pokok lebih lancar hingga harganya lebih murah dengan adanya pelayaran kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76 di Pelabuhan Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Hal ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat karena mampu melancarkan distribusi bahan pokok secara tepat waktu, efisien, hingga lebih murah.

"Evaluasi di sejumlah rute yang disinggahi kapal perintis semuanya sangat baik, dilihat dari jumlah penumpangnya dan juga angkutan bahan pokok dan angkutan lain nyaris tak mampu dilayani," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan/KSOP Gorontalo Taher Laitupa dalam keterangan di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

BACA JUGA:Perdana, Kirim 200 Ton Beras ke Aceh Lewat Tol Laut Patimban 

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76 merupakan bagian dari Program Tol Laut yang telah dicanangkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Langkah tersebut sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas wilayah, menekan disparitas harga, khususnya produk bahan pokok dan penunjang, meningkatkan kelancaran dan distribusi logistik, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Dia mengapresiasi Pemda Banggai Laut dengan respons positifnya terkait keberadaan kapal perintis sehingga kapal tersebut mampu dimanfaatkan oleh masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian daerah tersebut yang pada akhirnya mampu mendorong kesejahteraan penduduk sekitar.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan atas kehadiran KM Sabuk Nusantara 76 di Banggai Laut, karena kapal itu telah memberikan manfaat yang banyak seperti mobilisasi warga Banggai Laut yang banyak menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo," kata Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain mobilisasi ke Gorontalo, manfaat lain dari KM Sabuk Nusantara 76 ini adalah menjadikan akses cepat dan murah dan juga membuka peluang besar kerja sama dengan daerah lain, termasuk Gorontalo untuk saling tukar hasil bumi dan industri rumahan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Nantinya Pemerintah Banggai Laut akan bersurat secara resmi kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang menjadi pangkalan Kapal KM Sabuk Nusantara agar menetapkan Banggai Laut sebagai rute tetap kapal perintis,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini