Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat, dari Jakarta hingga Jabar

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 12 Desember 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 12 620 2725196 daftar-wilayah-yang-berpotensi-hujan-lebat-dari-jakarta-hingga-jabar-vsnEXZ93fS.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan terkait potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia, termasuk beberapa kota besar.

Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir bisa diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara , Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau , Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur. Demikian dikutip dari peringatan dini cuaca BMKG di Jakarta, dilansir dari Antara, Senin (12/12/2022).

Selain itu, wilayah lain yang berpotensi hujan ada di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan potensi hujan dengan intensitas yang lebih ringan dapat terjadi di Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Kota-kota besar yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir pada hari ini yaitu Jambi, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Pekanbaru dan Padang.

Untuk DKI Jakarta, hujan intensitas sedang dapat turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari. Sementara hujan ringan dapat turun di Jakarta Timur dan Selatan pada siang hari serta Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada malam hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Di sisi lain, sejumlah provinsi juga masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

BMKG juga mengkategorikan waspada dampak hujan lebat untuk wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini